Sistem S-300 Buatan Rusia Diduga Terlihat di Sirte, Libya

0
128

Sirte, LiputanIslam.com –  Sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia dilaporkan terlihat di dekat kota pelabuhan strategis Sirte di bagian tengah utara Libya.

Menurut para pengamat perang, foto yang diambil di timur Sirte itu diduga menunjukkan keberadaan sistem pertahanan udara S-300, yang sebelumnya tidak dimiliki Libya.

Namun, pihak publikasi Rusia, Avia.Pro, berkomentar bahwa foto itu tidak serta merta mengkonfirmasi keberadaan S-300, karena hanya mungkin untuk mengkonfirmasi kepemilikan radar.

“Saat ini, tidak ada keyakinan penuh bahwa kita berbicara tentang kompleks S-300, karena hanya dapat mengkonfirmasi kepemilikan radar. Namun, adalah fakta bahwa pesawat militer Rusia secara teratur terbang ke Libya, mendarat di pangkalan udara yang dikendalikan oleh Tentara Nasional Libya (LNA),” ungkap Avia.Pro, Kamis (6/8/2020).

“Lebih jauh, kami berbicara tentang spesialis militer Rusia, analis cenderung percaya bahwa kami berbicara tentang kompleks ini, ”kata publikasi itu.

LNA maupun Mesir belum mengomentari laporan mengenai dugaan pengerahan sistem S-300 ke Sirte.

Mesir yang bertetangga dengan Libya memiliki sistem S-300, dan karena pemerintah Kairo mendukung kubu LNA maka muncul spekulasi bahwa sistem buatan Rusia itu dikerahkan di Sirte untuk melawan serangan yang akan dilancarkan oleh kubu lawan, yaitu pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung Turki. (mm/amn)

Baca juga: 

Mesir Kecam Kegiatan Kapal Turki di Laut Mediterania Timur

Turki Tuding UEA Berbuat Jahat di Libya, dan akan Minta Pertanggungjawaban

DISKUSI: