Serangan Israel ke Suriah Kamis lalu Gugurkan Empat Warga Sipil

0
244

Damaskus, LiputanIslam.com –  Serangan rudal pasukan Zionis Israel ke daerah provinsi Damaskus, Suriah, pada Kamis lalu (19/8), menewaskan empat warga sipil dan melukai empat lainnya. Demikian dikatakan sumber keamanan Suriah kepada kantor berita Sputnik milik Rusia, Jumat.

Sumber itu menambahkan bahwa para korban tewas berusia antara 20 hingga 50 tahun, sedangkan kondisi para korban luka tidak parah. Menurutnya, dalam serangan itu pasukan Zionis melesatkan tiga rudal ke rumah penduduk di kota Qarah di bagian utara provinsi Damaskus.

Menanggapi serangan ini, Kemlu Suriah menegaskan bahwa berlanjutnya agresi Rezim Zionis tak menggentarkan nyali rakyat Suriah, dan bahwa serangan itu dilancarkan oleh pasukan Zionis dengan lampu hijau dari AS yang sedang menelan pil pahit kekalahan di Afghanistan.

Di pihak lain, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth (YA) menyebutkan bahwa dalam peristiwa itu salah satu rudal darat-ke-udara dari sistem pertahanan udara Suriah telah mengejar jet tempur Israel hingga perbatasan Yordania-Israel (Palestina pendudukan 1948).

Menurut YA, jet tempur Israel menyerang Suriah dengan melanggar zona udara Libanon, dan kemudian direaksi oleh sistem pertahanan udara S-200 Suriah dengan melepaskan puluhan rudal SA-5 ke arah jet tempur Israel.

Para pakar menyebutkan bahwa rudal Suriah itu berjarak tempuh 300 km, namun belum jelas apakah rudal itu masuk ke wilayah Israel atau tidak, dan sejauh ini masih dilakukan penyelidikan mengenai hal tersebut.

Meski demikian, sumber-sumber Israel mengakui bahwa sedikitnya satu rudal Suriah telah jatuh di dekat perbatasan Yordania. (mm/tasnim/alalam)

Baca juga:

Habis Kapal Perang Israel Terbakar, Giliran Pabrik Petrokimianya Meledak

Tren Boikot atas Israel Kian Meningkat

DISKUSI: