Sebuah Kajian Ungkap Keberadaan 100 Bom Nuklir AS di Eropa dan Turki

0
285

Hamburg, LiputanIslam.com –  Sebuah kajian di Eropa mengungkap jumlah bom nuklir yang ditempatkan oleh Amerika Serikat (AS) di pangkalan-pangkalan militernya di Eropa dan Turki.

Situs berita RT milik Rusia, Rabu (2/6), melaporkan bahwa kajian dari institut perdamaian dan kebijakan politik keamanan Universitas Hamburg, Jerman, menyebutkan bahwa di Pangkalan Büchel di wilayah Rhineland-Palatinate di bagian barat Jerman terdapat 20 unit bom nuklir AS.

Selain itu, AS juga menyimpan 20 bom paling mematikan itu di beberapa lokasi lain, yaitu Kleine Brogel (Belgia), Pangkalan Volkel Air (Netherland), Pangkalan Incirlik (Turki) serta Pangkalan Aviano dan Ghedi (Italia).

Disebutkan pula bahwa jumlah total bom nuklir AS di pangkalan-pangkalan militernya di Eropa dan Turki mencapai 100 unit.

Menurut kajian itu, otoritas Jerman sejauh ini belum memberikan komentar resmi mengenai keberadaan senjata nuklir di wilayah negara ini.

Berbagai partai oposisi Jerman telah berulang kali menuntut peniadaan senjata nuklir AS dari wilayah Jerman, dan hasil sejumlah jajak pendapat juga menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Jerman mendukung pembersihan negara ini dari senjata destruksi massal tersebut. (mm/rt)

Baca juga:

13 Tentara Turki Tewas Diserang Pasukan PKK di Irak Utara

Mulai Gunakan Drone, Poros Resistansi Irak Bikin AS Cemas

DISKUSI: