Rusia: Suriah Hancurkan 10 dari 12 Rudal yang Ditembakkan Israel ke Homs

0
173

Moskow, LiputanIslam.com –  Kantor berita Rusia, TASS, mengutip pernyataan seorang petinggi militer Rusia, Rabu (24/11), bahwa tentara Suriah telah menghancurkan 10 dari 12 rudal yang ditembakkan oleh jet tempuyr F-16 Israel dalam serangan terbarunya ke wilayah Suriah.

Disebutkan bahwa petinggi militer Rusia bernama Vadim Kolet itu mengatakan bahwa tentara Suriah menangkis serangan itu dengan menggunakan sistem rudal Buk dan Pantsir buatan Rusia.

Dia menambahkan bahwa jet-jet tempur F-16 Israel telah melancarkan serangan ke provinsi Homs, Suriah, melalui zona udara Lebanon.

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) yang dekat dengan oposisi Suriah mengklaim serangan yang terjadi pada dini hari Rabu itu menjatuhkan empat korban tewas, dua di antaranya warga sipil dan dua lainnya tak jelas sipil atau militer, serta menyebabkan kerugian materi.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa serangan itu terjadi pada sekitar pukul 1.26 waktu setempat, dan dilancarkan oleh Israel dari arah timur laut Beirut, ibu kota Lebanon, dengan sasaran beberapa titik kawasan di Suriah tengah, namun sebagian besar rudal yang ditembakkan Israel berhasil dirontokkan oleh sistem pertahanan udara Suriah.

Saluran 12 Israel melaporkan bahwa pada Rabu malam Suriah “secara keliru” telah menembakkan sebuah rudal anti pesawat udara, dan rudal itu melintas di angkasa Israel (Palestina pendudukan 1948) hingga  kemudian meledak di angkasa pantai Haifa.

Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) menyebut serangan terbaru Israel ke Suriah itu sebagai “kejahatan dan premanisme baru yang berkelanjutan terhadap bangsa umat kami”.

Jubir Hamas Hazim Qasem mengatakan, “Logika intimidasi yang diterapkan oleh entitas Zionis (Israel) terhadap semua komponen umat harus dihadapi secara kompak demi membatasi perilaku agresi rezim pendudukan Itu.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Bennett: Orang Iran Kepung Israel dengan Rudal Sambil Duduk Santai di Teheran

Digempur Sejumlah Rudal, Serangkaian Ledakan Dahsyat Guncang Pangkalan Militer AS di Suriah

DISKUSI: