Rusia Resmi Mengundang Pemimpin Hamas

0
197

Moskow, LiputanIslam.com  Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengirim undangan resmi kepada kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, untuk mengunjungi Moskow, ibu kota Rusia, dalam waktu dekat.

Sumber Hamas mengkonfirmasi kepada saluran TV Al-Mayadeen bahwa delegasi Hamas akan mengunjungi Moskow lagi bulan depan, dan delegasi ini meninggalkan Rusia terlebih dahulu karena pertimbangan adanya pertemuan di Aljazair.

Sebelumnya, Wakil Ketua Hamas di luar negeri, Mousa Abu Marzouk, menyebutkan bahwa kunjungan delegasi Hamas ke Moskow membuahkan hasil.

Di akun Twitter-nya dia menyebutkan; “Kunjungan itu dilakukan dalam rangka memperdalam konsultasi dan koordinasi bilateral kami dengan teman-teman Rusia. Kami membahas serangan Israel di Quds (Yerussalem) dan dampaknya yang berbahaya, serta pelanggaran di Tepi Barat dan Gaza.”

Dia juga menyebutkan adanya diskusi kedua pihak seputar isu-isu regional dan internasional, serta penolakan bersama keduanya terhadap unilateralisme Amerika Serikat dalam resolusi internasional.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov Kamis lalu mengaku bersama delegasi Hamas telah membahas situasi Palestina dan aneka peristiwa yang terjadi di komplek Masjid Al-Aqsa.

“Kami sedang menunggu delegasi dari Fatah dan Organisasi Pembebasan Palestina untuk segera mengunjungi Rusia,” imbuhnya usai mengadakan pertemuan dengan Hamas.

Dia menegaskan kesiapan Moskow menjadi tuan rumah pertemuan sesama kelompok Palestina.

Patut dicatat bahwa antusiasme hubungan Rusia dengan Palestina ini terjadi di tengah keruhnya hubungan Rusia dengan Israel terkait dengan krisis Ukraina, menyusul kemarahan Israel atas pernyataan Menlu Rusia Sergei Lavrov bahwa penjahat Perang Dunia II dari Jerman Adolf Hitler adalah keturunan Yahudi. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Berkunjung ke Moskow, Hamas: Ada Peluang Perubahan Status Quo Tatanan Global

Jihad Islam Sebut Israel Ingin Balas Kekalahannya dalam Perang Pedang al-Quds

DISKUSI: