Rusia: Pertahanan Udara Suriah Rontokkan Tujuh Rudal Israel

0
154

Moskow, LiputanIslam.com –  Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa sistem pertahanan udara Suriah berhasil merontokkan tujuh rudal yang ditembakkan oleh jet tempur Israel dalam peristiwa serangan rezim Zionis tersebut terhadap Suriah pada Senin malam lalu.

Wakil Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah, Laksamana Muda Vadim Kolet, Selasa (20/7), mengatakan, “Senin kemarin pada pukul 23.51-23.59 empat jet tempur F-16 Israel memasuki zona udara Suriah dan berada di angkasa kawasan Al-Tanf yang dikuasai oleh pasukan AS.”

Dia menambahkan, “Jet-jet tempur Israel menembakkan delapan rudal ke tenggara kota Aleppo di mana pasukan pertahanan udara Suriah berhasil mencegat dan memusnahkan tujuh di antaranya dengan sistem Pantsir S dan Buk-M2.”

Kolet menyebutkan bahwa satu rudal yang lolos dari sergapan sistem pertahanan udara Suriah berhasil menerjang sebuah pusat penelitian di kota Al-Safirah di sekitar kota Aleppo.

Kementerian Luar Negeri Suriah, Selasa, mengutuk serangan udara Israel itu, menyebutnya sebagai pertanda kandasnya agen-agenda Israel di kawasan, dan tak akan dapat menghadang operasi militer Suriah dalam penumpasan para teroris “yang mendapat dukungan tanpa batas dari AS, Turki dan Rezim Zionis”

Kementerian ini juga menegaskan bahwa tentara Suriah semakin bertekad untuk berjuang membebaskan Dataran Tinggi Golan dari pendudukan Israel.

Israel menduduki banyak bagian Dataran Tinggi Golan milik Suriah pasca perang enam hari pada tahun 1967. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengirim pasukan penjaga pengawas gencatan senjata Israel-Suriah ke Golan pada tahun 1974. (mm/rt/sana)

Baca juga:

Pertahanan Udara Suriah Tangkis Serangan Israel

Turki dan Israel Berharap Dapat Perbaiki Hubungan Bilateral

DISKUSI: