Rusia Kutuk Serangan Israel ke Suriah dan Peringatkan Dampaknya

0
104

Moskow, LiputanIslam.com   Kementerian Luar Negeri Rusia mengutuk serangan jet tempur Israel belakangan ini ke kawasan sekitar Bandara Damaskus, Suriah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, Jumat (10/6), menyatakan Moskow mengecam keras serangan itu dan mendesak Israel menghentikan tindakan “keji” terhadap Suriah.

“Kami terpaksa menegaskan kembali bahwa penembakan Israel yang sedang berlangsung di wilayah Republik Arab Suriah, yang melanggar norma-norma dasar hukum internasional, sama sekali tak dapat diterima. Kami sangat mengutuk serangan provokatif Israel terhadap objek terpenting infrastruktur sipil Suriah ,” kata Zakharova.

“Tindakan tidak bertanggung jawab seperti itu menciptakan risiko serius bagi lalu lintas udara internasional dan membahayakan nyawa orang yang  tak bersalah,” imbuhnya.

Dia lantas menegaskan, “Kami menuntut dari pihak Israel untuk menghentikan praktik keji ini.”

Suriah menghentikan penerbangan ke dan dari Bandara Internasional Damaskus pada hari Jumat, kata kementerian transportasi, beberapa jam setelah serangan udara Israel menghantam selatan ibukota.

Pasukan pertahanan udara Tentara Arab Suriah kembali menghadapi serangan rudal Israel yang menargetkan beberapa titik selatan kota Damaskus dan menjatuhkan sebagian besar di antaranya.

Sebuah sumber militer mengatakan kepada kantor berita resmi Suriah, SANA, bahwa pada dini hari Jumat (10/6), pukul 4:00 Israel melakukan agresi udara dengan rudal dari arah Golan Suriah yang diduduk Israel, dan menargetkan beberapa titik di selatan kota Damaskus.

“Pertahanan udara kami menghadapi rudal agresi dan menembak jatuh sebagian besarnya, dan agresi itu mengakibatkan terlukanya warga sipil dan beberapa kerugian materi,” ujarnya.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengklaim bahwa pemboman Israel itu telah merusak landasan pacu setelah menargetkan “gudang milisi Iran” di dekat bandara.

Seorang juru bicara militer Israel menolak berkomentar. (mm/alalam/jp)

Baca juga:

Moskow: Berlanjutnya Serangan Siber Bakal Picu Perang Rusia vs Barat

Makin Tegang Soal Ladang Gas, Sekjen Hizbullah: Jangan Harap Israel Dapat Melindungi Rignya

 

DISKUSI: