Moskow: Berlanjutnya Serangan Siber Bakal Picu Perang Rusia vs Barat

0
18

Moskow,LiputanIslam.com-Kemenlu Rusia pada Kamis 9 Juni memperingatkan bahwa jika serangan siber terhadap Rusia masih berlanjut, pertempuran langsung Rusia versus Barat mungkin saja akan meletus.

Menurut laporan Reuters, Kemenlu Rusia dalam statemennya menuding AS dan Ukraina berada di balik sabotase siber atas sejumlah infrastruktur vital dan instansi-instansi pemerintahan Negeri Beruang Merah.

“Yakinlah bahwa Rusia tidak akan membiarkan tindakan-tindakan ofensif tanpa balasan. Semua tindakan kami telah diperhitungkan, punya tujuan, serta relevan dengan UU domestik dan internasional,” tegas Kemenlu Rusia.

Di bagian lain statemen itu disebutkan, Washington “secara sengaja telah menurunkan ambang penggunaan militer dari teknologi informasi”.

Menurut Kemenlu Rusia, ”Militerisasi atmosfer intelijen oleh Barat dan upaya untuk mengubahnya menjadi kancah konflik antarnegara telah meningkatkan bahaya gesekan militer langsung, yang memiliki konsekuensi-konsekuensi tak terduga.”

Sebelum ini, para pejabat Rusia menyatakan bahwa dengan melihat perkembangan di Ukraina, Rusia dan negara-negara Barat telah terlibat dalam sebuah perang proksi, yang bisa saja berubah menjadi konfrontasi langsung.

Associated Press dalam laporannya memberitakan, ”Menhan Rusia, Sergey Shoigu pada Selasa lalu mengatakan bahwa pasukan Moskow telah mengontrol hampir semua kawasan Luhansk. Menurut para petinggi Ukraina dan analis militer, tampaknya Rusia telah menduduki nyaris separuh Provinsi Donetsk”. (af/fars)

DISKUSI: