Rusia Kecam Serangan Rudal Israel ke Suriah, Israel Nyatakan Siap Berkonfrontasi

0
149

Moskow, LiputanIslam.com – Pemerintah Rusia mengutuk serangan rudal Israel ke Suriah, dan menyerukan kepada kedua belah pihak untuk menahan diri dan mencegah ketegangan, sementara Israel kembali menegaskan siap membalas setiap serangan yang berasal dari wilayah Suriah.

“Kami mengutuk tindakan seperti itu dan menyatakan keprihatinan kami yang mendalam atas ketegangan antara Israel dan Suriah,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, Selasa (4/8/2020).

Pernyataan itu menambahkan, “Kami memperingatkan para pemimpin Israel untuk tidak mengulangi tindakan seperti itu, yang berkonsekuensi serius bagi seluruh kawasan Timur Tengah. Kami menyatakan dukungan kami kepada kedaulatan Suriah dan integritas wilayahnya, dan kami meminta kedua belah pihak untuk menahan diri dan mencegah ketegangan lebih lanjut.”

Di hari yang sama, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersumbar akan meladeni setiap ancaman terhadap Israel.

“Kami menabrak sel dan sekarang kami menabrak petugas. Kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk mempertahankan diri,” katanya saat meninjau fasilitas militer di Israel tengah, Selasa.

“Ini bukan perkataan yang sia-sia; mereka memiliki beban negara Israel dan (militer) di belakang mereka dan ini harus ditanggapi serius,” imbuhnya.

Militer Israel Senin malam lalu mengumumkan jet tempur Israel melancarkan serangan ke sasaran-sasaran militer di Suriah “sebagai tanggapan atas upaya anasir musuh menanam bom di pagar perbatasan.”

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan kepada Reuters bahwa target dalam serangan itu antara lain situs pemantauan Suriah, sistem pengumpulan intelijen, baterai anti-serangan udara, dan pangkalan komando. (mm/rtarabic/aljazeera)

Baca juga:

Israel Umumkan Serangan Baru ke Suriah

[Video] Jet Tempur Israel Serang Posisi Pejuang Palestina di Jalur Gaza

DISKUSI: