Rusia Dilaporkan Kerahkan Jet Tempur untuk Hentikan Serangan Udara Israel ke Suriah

0
108

Moskow, LiputanIslam.com –  Publikasi Rusia Avia.Pro melaporkan bahwa Angkatan Udara Rusia telah menghadang jet tempur Israel ketika terjadi serangan terbaru negara Zionis itu ke Damaskus, ibu kota Suriah.

Avia.Pro, Selasa (21/7/2020), melaporkan, “Terlepas dari anggapan bahwa Rusia mungkin tidak memiliki kendali atas wilayah udara di kawasan, ternyata beberapa menit sebelum serangan IDF (Pasukan Pertahanan Israel), Rusia telah menerbangkan pesawat militernya dari pangkalan udara Khmeimim, dan diduga lepas landas ke arah tenggara.”

Media itu merinci bahwa penerbangan Rusia itu tercatat pada jam 21: 47, sementara Israel melancarkan serangan pada jam 21: 48.”

Menurut Avia.Pro, Angkatan Udara Rusia dapat menghentikan serangan Israel setelah mengerahkan jet tempurnya ke Suriah selatan.

Baca: [Video] Satu Pejuang Hizbullah Terbunuh, Media Israel: Awas Balasan

“Mengingat jarak dari pangkalan udara Khmeimim ke Damaskus, pesawat Rusia bisa menempuhnya dalam hitungan menit, tapi analis percaya bahwa Rusia sedikit banyak telah mencegah IDF melanjutkan serangannya, sebab serangan itu dilakukan dari wilayah udara yang dikendalikan oleh militer Israel,” terang Avia.Pro.

Baca: Israel Sita Bak Baptis Kuno Milik Gereja Kristiani Era Bizantium

Tak ada komentar dari Kremlin mengenai laporan ini, dan di masa-masa lalu juga terdapat beberapa laporan serupa tentang upaya Angkatan Udara Rusia mencegah serangan udara Israel ke Suriah.

Terlepas dari klaim tersebut, militer Israel telah menyerang beberapa situs di sekitar pinggiran Sahnaya di Damaskus. Sebuah laporan dari ibukota Suriah mengatakan bahwa Tentara Arab Suriah (SAA) mampu merontokkan beberapa rudal Israel, namun beberapa rudal lain berhasil mencapai target. (mm/amn)

DISKUSI: