Rouhani: Trump Pergi Iklim Regional untuk Dialog akan Membaik

0
198

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani optimis bahwa suasana regional akan membaik bagi dialog Iran dengan negara-negara jiran di sekitar Teluk Persia setelah Presiden Petahana Amerika Serikat (AS) Donald Trump kalah dalam pemilu presiden melawan Joe Biden dari Partai Demokrat.

Dalam percakapan telefon dengan Amir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani, Rabu (25/11/2020), Rouhani mengatakan, “Dalam beberapa bulan mendatang kondisi antarnegara tetangga akan lebih baik untuk memperkuat kesempatan dialog dan kesefahaman di kawasan.”

Sembari menyinggung hangatnya hubungan antara Teheran dan Doha, dia menambahkan, “Ada keinginan Iran untuk dialog, kebersefahaman, dan hubungan persaudaraan antarnegara sekitar Teluk Persia. Kami mengharapkan adanya perkembangan baru dalam hubungan internasional dan netralisasi kebijakan permusuhan sebagian negara regional (terhadap Iran). Kita akan melihat kesempatan lebih besar untuk dialog dan kesefahaman di kawasan.”

Mengenai normalisasi hubungan sebagian negara Arab dengan Israel, Presiden Iran mengatakan, “Memberi Israel tempat berpijak di kawasan ini akan menyebabkan ketidak amanan dan instabilitas regional.”

Rouhani menilai apa yang dilakukan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Sudan dalam menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai “langkah mengejutkan”.

“Beberapa negara tetangga melihat keamanan mereka bergantung pada hubungan mereka dengan rezim kriminal Zionis, yang merupakan musuh semua wilayah dan negara-negara Islam,” katanya.

Dia menambahkan, “Kita, negara-negara di kawasan ini, dapat menyelesaikan masalah kita sebagai tetangga dan saudara, dan saya yakin dalam beberapa bulan mendatang kita akan menyaksikan kondisi yang lebih baik dalam hubungan regional dengan bantuan satu sama lain.”

Kantor kepresiden Iran menyatakan bahwa Rouhani menyambut baik undangan resmi Emir Qatar untuk melakukan lawatan resmi ke Doha.

Di pihak lain, Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani memuji baiknya hubungan antara negaranya dan Iran serta menyebutnya “hubungan strategis dan berkembang”.

Mengenai isu regional dia mengatakan, “Kerjasama antara Iran dengan negara-negara Teluk harus berkembang lebih besar di semua bidang, termasuk kemananan perairan regional di kawasan ini.”

Emir Qatar menekankan bahwa segala pembicaraan untuk menjamin keamanan kawasan ini haruslah melibatkan Iran.

Dia juga menyayangkan sikap sebagian negara Arab.

“Kita semua terganggu oleh beberapa perilaku tak bertanggungjawab sebagian negara kawasan ini, dan kami berharap akan bermula lagi pembicaraan antara Iran dan negara-negara sekitar Teluk di tengah perkembangan baru internasional,” pungkasnya. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei: Eropa Tak Berhak Bicara Soal Rudal Iran

Menteri Israel Puji Pertemuan ‘Semi-Resmi’ Netanyahu dan MBS

 

DISKUSI: