Regu Penjagal Kashoggi Terbang dengan Pesawat Mohamed bin Salman

0
306

Washington, LiputanIslam.com –  Bocoran dokumen pengadilan Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa regu pembunuh jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi di Turki pada tahun 2018  telah terbang dengan menggunakan jet milik sebuah perusahaan yang telah disita dan dikuasai oleh Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman (MbS).

Jaringan berita CNN, Rabu (24/2), melaporkan hal tersebut pertama kali berdasarkan beberapa dokumen baru gugatan berlabel “Sangat Rahasia” yang diajukan ke Pengadilan Washington.

Dokumen itu diajukan ke pengadilan sebagai bagian dari gugatan terhadap MbS, yang telah diajukan pada Agustus tahun oleh mantan perwira intelijen Saudi Saad Al-Jabiri yang ada di Kanada.

Al-Jabiri yang sekarang diduga tinggal di Toronto, Kanada, telah mengajukan dakwaan bahwa MbS pernah mengirim sebuah regu ke Kanada untuk membunuhnya dengan cara yang serupa dengan proses Khashoggi.

CNN menyebutkan bahwa dua jet yang menerbangkan regu penjagal Khashoggi yang terdiri atas 15 orang Turki pada Oktober 2018 adalah milik perusahaan Sky Prime Aviation. Saham dan aset perusahaan ini senilai $ 400 miliar telah dialihkan ke Dana Investasi Publik Arab Saudi pada Desember 2017.

Menurut CNN, bukti-bukti dalam dokumen terkait menunjukkan jalur baru kaitan MbS dengan pembunuhan Khashoggi.

Menyusul pembunuhan Khashoggi, surat kabar Wall Street Journal pernah memuat berita yang berdasarkan keterangan beberapa narasumber bahwa jet Gulfstream milik perusahaan yang dikuasi MbS telah menerbangkan regu pembunuh Khashoggi. (mm/raialyoum)

Baca juga:

4 Pejabat AS Perkirakan Laporan CIA Ungkap Keterlibatan Bin Salman dalam Pembunuhan Khashoggi

Biden akan Telepon Raja Salman, Sehari Jelang Perilisan Laporan CIA mengenai Pembunuhan Kashoggi

DISKUSI: