Rayakan HUT ke-8, Pasukan Relawan Irak Gelar Parade Militer, Perdana Menteri Hadir

0
176

Diyala, LiputanIslam.com   Pasukan relawan Irak  yang dikenal dengan nama al-Hashd al-Shaabi atau Pasukan Mobilisasi Popular (PMF), Sabtu (23/7), mengadakan parade militer akbar untuk menandai HUT-nya yang ke-8.

Mereka menggelar upacara di al-Khalis, yang terletak sekitar 15 kilometer (9 mil) barat laut kota Baqubah,  Provinsi Diyala, dan dihadiri oleh Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi, Ketua PMF Falih al-Fayyadh, dan Sekjen Organisasi Badr Hadi al-Amiri dan sejumlah petinggi militer.

PMF juga menampilkan beberapa senjata dan peralatan militer baru, termasuk sistem al-Rasid (Monitor) dan al-Hassib (Auditor) untuk pengendalian pesawat nirawak, serta rombakan tank T-52 buatan Rusia.

PMF didirikan pada tahun 2014, menyusul fatwa jihad ulama besar Irak Ayatullah Sayid Ali al-Sistani untuk melawan dan menumpas kelompok teroris Wahhabi ISIS ,  yang saat itu menguasai empat provinsi dan bahkan mendekati Bagdad, ibu kota Irak.

Organisasi payung yang disponsori negara Irak itu terdiri dari sekitar 67 faksi bersenjata yang berbeda, dengan 128,000 pejuang yang sebagian besar berasal dari kelompok Muslim Syiah sementara sisanya berasal dari kelompok Muslim Sunni, Kristen, dan Yazidi.

PMF mendapat dukungan kuat dari Iran, dan salah satu mantan pemimpinnya, Abu Mahdi Al-Muhandis, turut gugur dalam serangan pasukan AS yang menggugurkan jenderal tersohor Iran mantan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Qasem Soleimani pada Januari 2020. (mm/alalam/ii)

Baca juga:

Tragedi Dohuk, Irak Kecam Keras Bantahan Turki dan Menyebutnya “Lelucon Hitam”

 

DISKUSI: