Rakyat Yaman Gelar Unjuk Rasa Akbar Anti-Koalisi Pimpinan Arab Saudi

0
132

Sanaa, LiputanIslam.com   Rakyat Yaman dalam jumlah besar turun ke jalanan dan menggelar unjuk rasa di berbagai provinsi Yaman untuk menandai kutukan mereka terhadap agresi dan blokade koalisi yang dipimpin Arab Saudi terhadap Yaman.

Massa pengunjuk rasa pada hari Jumat (6/1) meneriakkan slogan-slogan yang mengungkapkan kemarahan mereka terhadap blokade ekonomi AS terhadap Rakyat Yaman, dan menyalahkan agresi AS-Saudi atas kelanjutan blokade.

Massa mengalir dari berbagai distrik Sa’dah sejak dini hari, membawa bendera Yaman, foto para martir, dan slogan kemerdekaan menolak hegemoni AS.

Para pengunjuk rasa juga merilis komunike yang memperingatkan negara-negara yang terlibat dalam agresi atas konsekuensi melanjutkan agresi dan blokade serta mencegah masuknya kapal minyak.

Massa  mendesak Angkatan Bersenjata Yaman untuk memberikan tanggapan yang tepat demi menghentikan blokade.

Arab Saudi, bekerja sama dengan sekutu Arabnya dan dengan dukungan senjata dan logistik dari AS serta negara-negara Barat lainnya, melancarkan perang yang menghancurkan di Yaman pada Maret 2015.

Saudi dan para sekutunya berambisi menumpas gerakan resistensi Ansarullah – yang telah menjalankan urusan negara tanpa adanya pemerintahan fungsional di Yaman-  dan memulihkan kekuasaan rezim Abd Rabbuh Mansour Hadi yang bersekutu dengan Riyadh.

Ambisi Saudi dan sekutunya itu gagal, sementara perang telah menewaskan ratusan ribu orang Yaman dan menimbulkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia. (mm/almasirah)

Baca juga:

Al-Mashat: Sanaa Menunggu Perang Dimulai lagi, Kapanpun

 

DISKUSI: