Qatar Resmi Ajukan Permohonan kepada AS untuk Membeli Jet Siluman F-35

0
60

London, LiputanIslam.com –  Pemerintah Qatar telah mengajukan permintaan resmi kepada pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk membeli pesawat tempur siluman F-35. Demikian dilaporkan kantor berita Reuters berdasarkan keterangan beberapa sumber informasi.

Tiga sumber mengatakan bahwa permintaan Qatar untuk pembelian pesawat yang diproduksi oleh perusahaan Lockheed Martin itu telah diajukan dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Reuters, jika permintaan itu disetujui maka dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan AS dengan Arab Saudi dan Israel.

Permohonan  itu diajukan ketika ketegangan di kawasan Teluk Persia berlanjut sampai sekarang sejak 5 Juli 2017 antara Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir di satu pihak dan Qatar di pihak lain.

Pihak pertama  menerapkan aksi boikot laut, darat dan udara terhadap Qatar yang mereka tuding “mendukung terorisme” dan bergeser dari lingkungan Arab ke atmosfir Iran. Ketegangan ini menyebabkan krisis politik yang parah serta perang media yang luas dan berlarut.

Jual beli jet siluman itu juga akan membangkitkan penentangan dari Israel, karena rezim Zionis itu selama ini berusaha untuk mempertahankan apa yang kerap disebut-sebut sebagai keunggulan militer Israel di kawasan Timur Tengah.

Karena itu, Netanyahu bahkan telah berulang kali menegaskan penentangannya terhadap penjualan jet tempur canggih itu kepada UEA meskipun UEA pada 15 September lalu telah meneken perjanjian normalisasi hubungan dengan Israel. (mm/rta)

Baca juga:

Adakan Konferensi Pers Pertama Kali untuk Kawasan Teluk, Menhan Israel Puji Putra Mahkota Saudi

Iran Bangun Kapal Rekreasi untuk Piala Dunia Qatar 2022

DISKUSI: