Putin: Pesawat Belarus Bisa Dipersiapkan untuk Membawa Hulu Ledak Nuklir

0
206

Moskow, LiputanIslam.com   Presiden Rusia Vladimir Putin mengkonfirmasi bahwa Moskow melatih awak pesawat Belarusia yang mampu membawa amunisi nuklir, dan menyebutkan bahwa preseden demikian bukan berasal Rusia, karena Washington lebih dahulu melatih awak sekutunya dalam tugas demikian.

“Saya pikir, ada kemungkinan untuk terus menerapkan proposal Presiden Belarus untuk melatih awak tentara Belarusia, yang dikembangkan untuk membawa amunisi nuklir,” kata Putin dalam konferensi pers setelah pembicaraan Rusia-Belarus, seperti dikutip Al-Alam, Senin (19/12).

Dia menambahkan, “Saya mengonfirmasi bahwa kerjasama semacam ini bukanlah gagasan kami. Amerika Serikat (AS), misalnya, telah melatih awak sekutu NATO untuk tugas semacam itu selama beberapa dekade.”

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menegaskan bahwa sebagian besar negara di dunia menolak upaya AS dan sekutunya untuk mendominasi gelanggang internasional, dan bahwa upaya ini tidak disukai oleh siapa pun di dunia.

“Sebagian besar negara di dunia menolak upaya Washington dan sekutunya melalui sanksi ilegal, ultimatum, pemerasan, dan ancaman untuk mendominasi arena internasional, dan ini tidak menyenangkan siapa pun di dunia,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, “Saya yakin sepenuhnya bahwa proses sejarah telah mulai mengeluarkan keputusannya. Multipolaritas yang nyata akan tercapai dalam periode sejarah yang panjang, dan Barat akan dengan keras menolaknya, akan memantau mitra kami di semua benua, dan menuntut agar negara-negara berkembang di dunia hanya bergabung dengan sanksi terhadap Rusia.” (mm/alalam)

Baca juga:

Teheran: Klaim Kepala CIA mengenai Kerjasama Militer Iran-Rusia Bagian dari Propaganda Perang

DISKUSI: