Purnawirawan Jenderal Israel: Gaza Hancur, Tapi Amuk Roket Hamas Tak Terhentikan

0
282

TelAviv, LiputanIslam.com –   Seorang purnawirawan jenderal Israel menilai negara Zionis ini telah menghancurkan Jalur Gaza dalam peperangan yang terjadi belum lama ini selama 11 hari tapi gagal menghentikan amuk badai roket Hamas.

Mayjen purn. Yitzhak Brik saat menyebutkan penilaian itu kepada radio militer Israel, Ahad (23/5), sembari mengatakan, “Sudah runtuh secara tatal teori yang mengatakan bahwa kemenangan dalam perang dapat dicapai dengan jet tempur semata.”

Brik yang pernah menjabat sebagai komandan pasukan rahasia Israel dalam Perang Oktober 1973 antara Mesir dan Suriah di satu pihak dan Israel di pihak lain memperingatkan skenario buruk yang dapat menimpa Israel.

Dia menyoal, “Jika dalam 11 hari kita gagal menghentikan serangan roket Gaza, lantas bagaimana kita dalam melakukannya dalam perang multi-front yang juga melibatkan Hizbullah? Hal ini akan menjadi kehancuran yang sebenarnya, dan kita tak mampu mencegahnya.”

Mantan ombudsman Pasukan Pertahanan Israel (IDF) ini menambahkan, “Dalam dua pekan lalu jet tempur  (Israel) telah menghancurkan Gaza, tapi ada satu hal yang gagal diwujudkan, yaitu penghentian penembakan roket Hamas.”

Brik mencatat bahwa berbagai kota dan permukiman Zionis Israel telah diserang dengan sekira 4000 roket dari Gaza dalam 11 hari perang yang meletus mulai 10 Mei dan berujung gencatan senjata pada 21 Mei. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Pilot Israel: Membombardir Apartemen-apartemen Gaza Hanya untuk Lampiaskan Keputusasaan Kami

Video] Kamera Drone Dokumentasikan Dahsyatnya Kehancuran di Gaza Akibat Gempuran Israel

 

DISKUSI: