Presiden Mesir Nyatakan Krisis Yaman Sedang dalam Proses Penyelesaian

0
110

Kairo, LiputanIslam.com –  Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi menyatakan bahwa krisis Yaman sedang berada dalam proses penyelesaian.

“Mesir selalu mencari jalan penyelesaian damai untuk berbagai persoalan, dan krisis Yamanpun sedang berada dalam proses penyelesaian, namun hal ini memerlukan waktu,” ujar el-Sisi, Senin (16/12/2019), seperti dikutip Sky News.

Mengenai krisis Libya dia mengatakan, “Sikap Kairo mengenai perjanjian Turki dengan pemerintahan Kemufakatan Nasional Libya sangat jelas. Mesir mencari kesepakatan dengan negara-negara sahabat dan mitra perjanjiannya di Yunani dalam masalah ini.“

El-Sisi mengakui bahwa Mesir mendukung Tentara Nasional Libya yang berada di bawah komando Jenderal Khalifa Haftar, dan menyebutnya sebagai sikap pendirian solid Mesir.

Baca: Yaman Mengaku akan Membalas, Israel Gelisah

Dia menegaskan bahwa situasi di Libya dan Sudan merupakan bagian dari masalah keamanan nasional Mesir.

“Berbeda antara campurtangan dan mendukung jalan penyelesaian, dan Mesir tak dapat membiarkan siapapun mengacaukan stabilitas di Libya dan Sudan,” imbuhnya.

Baca: Lagi, Pasukan Yaman Tembak Jatuh Drone Musuhnya

Mengenai Palestina dia mengatakan, “Sikap Mesir mengenai solusi dua negara, permukiman, dan dukungan kepada isu Palestina sudah tetap dan tak dapat diubah.” (mm/fars)

DISKUSI: