Pertempuran Sesama Musuh Ansarullah Kian Menjadi di Yaman

0
72

Milisi STC di Yaman

Aden, LiputanIslam.com –   Raporter media Rusia RT Arabic di Yaman, Jumat (4/9/2020), melaporkan bahwa pertempuran antara pasukan pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi dan pasukan Dewan Transisi Selatan (Southern Transitional Council /STC) kian menjadi di poros pantai dan distrik al-Taryah, provinsi Abyan, di bagian tenggara Yaman.

Pemerintahan Hadi dan STC sebenarnya bersekutu dalam memerangi Gerakan Ansarullah yang berkuasa di Sanaa, ibu kota Yaman. Namun, karena berebut pengaruh dan kekuasaan, pemerintahan Hadi yang didukung Arab Saudi dan STC yang didukung Uni Emirat Arab kerap terlibat konflik dan konfrontasi satu sama lain.

Reporter RT Arabic melaporkan bahwa intensitas gempuran artikel antara pasukan loyalis Hadi dan pasukan STC belakangan ini meningkat.

“Terjadi bentrokan menyusul kegigihan milisi Ikhwanul Muslimin dalam melakukan pelanggaran dengan mengebom posisi-posisi pasukan kami di sektor pesisir,” ungkap juru bicara pasukan STC poros Abyan, Muhammad Al-Naqib, seperti dikutip RT Arabic.

“Pasukan kami mereaksi sengit sumber tembakan milisi musuh dan memberi mereka versi baru pelajaran menyakitkan tadi malam,” lanjutnya.

Pada Kamis malam lalu terjadi konfrontasi sengit antara pasukan loyalis Hadi dan milisi STC.

Di sisi lain, berlangsung pula pertempuran sengit antara Ansarullah dan kelompok-kelompok lawannya di bagian barat laut Provinsi Al-Dali’, Yaman tengah.

Eskalasi loyalis Hadi dan milisi STC terjadi manakala kedua pihak saling gempur dengan senjata artileri pada Kamis malam dan beberapa minggu setelah Arab Saudi mengumumkan pengaktifan kembali Perjanjian Riyadh yang diteken pada bulan November 2019 yang antara lain bertujuan menerapkan gencatan senjata permanen. (mm/rta)

Baca juga:

[Berita Gambar] Al-Qaeda Bergabung dengan Pasukan Pimpinan Saudi di Provinsi Ma’rib

Ansarullah Terus Cetak Kemenangan, ISIS Hampir Tersapu Habis di Yaman Tengah

DISKUSI: