Pertama Kali, Israel Simulasikan Serangan Besar terhadap Iran

0
36

Teheran, LiputanIslam.com Untuk pertama kalinya Angkatan Udara Rezim Zionis Israel dalam sebuah latihan militer besar pada bulan ini akan mengadakan latihan melancarkan serangan luas terhadap Iran.

Manuver udara skala besar, termasuk simulasi serangan terhadap target nuklir Iran, akan digelar di Siprus pada minggu keempat dan babak akhir latihan militer yang berlangsung selama sebulan dan dimulai pada 29 Mei, menurut laporan Times of Israel.

Dikutip Rai Al-Youm, Selasa (17/5), laporan itu juga menyatakan bahwa manuver udara Israel itu untuk pertama kalinya mensimulasikan serangan terhadap fasilitas nuklir Iran, dan tentara Israel kini sedang mempersiapkan daftar target potensial di Iran dengan menggunakan kecerdasan buatan.

Disebutkan pula bahwa tentara Israel harus mencari cara untuk menyerang fasilitas bawah tanah Iran dan mengatasi pertahanan udara Iran yang kompleks, selain bersiap menghadapi serangan balasan dari Iran dan sekutunya di kawasan.

Laporan mengenai latihan militer Israel itu mengemuka setelah meningkatnya ketidakpastian kembalinya Iran kepada kesepakatan nuklir 2015, di tengah macetnya negosiasi yang lama dan tak langsung Iran dengan Amerika Serikat.

Presiden Iran Ebrahim Raisi pada parade militer bulan lalu menegaskan bahwa angkatan bersenjata Iran akan menggempur jantung Israel jika rezim ilegal Zionis ini melakukan “pergerakan sekecil apapun” terhadap Iran.

Israel telah berulang kali menekankan tidak akan menerima Iran menjadi “negara nuklir”, manakala Teheran dan negara-negara besar berusaha memulihkan perjanjian nuklir 2015. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Iran Desak Masyarakat Internasional Minta Pertanggungjawaban Israel atas Pembunuhan Abu Akleh

Presiden Iran: Syiah Inggris dan Sunni AS Tebar Perpecahan Umat Islam

DISKUSI: