Iran Desak Masyarakat Internasional Minta Pertanggungjawaban Israel atas Pembunuhan Abu Akleh

0
265

Teheran, LiputanIslam.com  Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Kehakiman Iran mendesak masyarakat internasional agar meminta pertanggungjawaban Israel atas kebrutalan pasukannya yang telah mengugurkan jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh.

Dalam sebuah pernyataanya, Senin (16/50), dewan itu menyebutkan Abu Akle ada satu di antara 82 jurnalis yang dibunuh oleh Israel, rezim ilegal yang sampai sekarang masih getol menebar kebrutalan di tanah pendudukan Palestina.

Dewan HAM Kehakiman Iran menegaskan bahwa pembunuhan jurnalis di wilayah pendudukan selalu menjadi kebijakan rezim pendudukan, dan bahwa pembunuhan Abu Akleh menyoroti peran yang dimainkan media dan jurnalis dalam perang melawan rezim Zionis.

“Sudah waktunya bagi masyarakat internasional untuk mengakhiri kebungkaman panjangnya, mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri pendudukan, mengamankan hak-hak Palestina sebagai pemilik sebenarnya wilayah-wilayah pendudukan, dan mengakhiri krisis terlama di Timur Tengah dan dunia, yaitu akar penyebab dari krisis lain yang sedang berlangsung di kawasan,” ungkap dewan tersebut.

Pernyataan itu juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Abu Akleh, dan menyuarakan solidaritas dengan para jurnalis bebas di dunia yang telah menetapkan agenda mereka untuk memberikan informasi yang jujur dan akurat kepada khalayak tentang kejahatan rezim Zionis.

Abu Akleh gugur  ditembak oleh pasukan Zionis ketika dia sedang meliput serbuan pasukan ini ke di kamp pengungsi Jenin, Tepi Barat, pada Rabu pekan lalu (11/5). (mm/fna)

Baca juga:

Pemimpin Gereja Yerussalem; Israel Tak Menghormati Gereja maupun HAM

Nakba, Akar Masalah Palestina

DISKUSI: