Pejuang Ansarullah Yaman Raih Kemajuan Besar di Yaman Utara

0
90

Sanaa, LiputanIslam.com – Pasukan kubu pro-Arab Saudi di bagian utara dan tengah Yaman mengalami tekanan hebat dan terpaksa mundur secara massal secara massal dari beberapa daerah di provinsi Al-Bayda dan Ma’rib dalam pertempuran melawan para pejuang Ansarullah (Houthi) dan sekutunya selama hampir satu minggu terakhir.

Pasukan Ansarullah akhir pekan lalu berhasil membuat kemajuan besar di Provinsi Marib manakala mereka merebut beberapa daerah dari tangan milisi Islah yang didukung Saudi.

Ansarullah mengumumkan bahwa pasukannya telah merebut daerah Al-Makhlaq dan Al-Hamrani setelah mematahkan pertahanan milisi itu di provinsi Ma’rib pada Sabtu sore (4/7/2020).

Baca: Ansarullah Lancarkan Serangan Besar lagi ke Saudi

Dengan adanya kemajuan terbaru ini, pasukan Ansarullah kini berhasil merebut sebagian besar wilayah provinsi Marib, dan ini tentu menjadi pukulan besar bagi kubu pro- Saudi, yaitu pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi.

Provinsi Marib sebelumnya telah berfungsi sebagai benteng pertahanan utama pasukan yang didukung Saudi di Yaman utara.

Baca: Ansarullah Yaman Bersumpah akan Terus Gempur Kedalaman Wilayah Arab Saudi

Sebelum itu, provinsi Jawf yang bersebelahan dengan provinsi Ma’rib juga telah jatuh ke tangan pasukan Ansarullah. Kelompok pejuang yang dipimpin Abdel Malik al-Houthi ini kemudian bergerak maju kawasan sekitar kota administratif Ma’rib, dan kini pasukan kubu pro-Saudi terancam kehilangan eksistensi besarnya di Yaman utara. (mm/amn)

DISKUSI: