Pejabat Teluk: Keluarnya Pasukan Barat dari Afghanistan Bangkitkan Keraguan Arab kepada AS

0
199

London, LiputanIslam.com –  Keluarnya tentara Amerika Serikat (AS) dan sekutunya dari Afghanistan membangkitkan keraguan negara-negara Arab sekutu AS kepada negara adidaya ini. Demikian dikatakan oleh seorang pejabat negara Arab di kawasan Teluk Persia, Senin (13/9).

Negara-negara sekutu AS itu juga khawatir kembalinya Taliban ke tampuk kekuasaan di Afghanistan dan kevakuman yang terjadi akibat keluarnya pasukan Barat akan menimbulkan kekacauan dan membuat Afghanistan menjadi pijakan bagi kelompok teroris Al-Qaeda 20 tahun setelah tragedi serangan 11 September 2001.

Pejabat Arab Teluk yang meminta tidak disebutkan namanya itu mengatakan, “Afghanistan sebagai gempa menghancurkan akan tetap bertahan bersama kali untuk jangka waktu yang sangat dan amat lama.”

Dia lantas menyoal, “Apakah kami patut percaya kepada payung keamanan AS untuk 20 tahun ke depan? Saya kira ini merupakan persoalan yang sangat meragukan dewasa ini, sungguh sangat meragukan.”

Pejabat itu juga menyebutkan bahwa konflik geopolitik akan merebak akibat Afghanistan, antara China dan Pakistan di satu sisi serta antara Rusia, Iran dan India di sisi lain, sedangkan AS tidak akan pernah menjadi bagian dari konflik ini. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Iran Nyatakan Tidak akan Mengakui Pemerintahan yang Dipaksakan di Afghanistan

Rusia Tak Akan Hadiri Acara Pelantikan Kabinet Taliban

DISKUSI: