Pejabat AS Perkirakan Saudi akan Susul UEA Menormalisasi Hubungan dengan Israel

0
92

Washington, LiputanIslam.com –  Pemerintahan Presiden AS Donald Trump yakin bahwa berbagai negara Arab akan menyusul langkah Uni Emirat Arab (UEA) menormalisasi hubungan dengan Israel, demikian dikatakan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Robert O’Brien.

Dalam wawancara di jaringan NBC News AS, Sabtu (16/8/2020), O’Brien memuji “keberanian” Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi UEA, Mohammed bin Zayed.

Menurut  O’Brien pemerintahan Trump sedang dalam pembicaraan dengan banyak negara Timur Tengah lainnya untuk menerapkan perjanjian perdamaian serupa dengan Israel.

“Kami pikir ada momentum bagi beberapa kelompok tambahan untuk bergabung dan menormalkan hubungan dengan Israel. Kami menyebar, segera setelah ini diumumkan. Saya telah berbicara melalui telepon dengan para pemimpin di kawasan itu, demikian pula Presiden, Jared Kushner, Menteri Luar Negeri (Mike) Pompeo. Jadi kami sangat berharap dapat membangun momentum ini,” kata O’Brien.

Ketika ditanya secara khusus tentang Saudi, yang dipandang sebagai sangat berpengaruh di dunia Islam karena merupakan tempat tanah suci Mekah dan Madinah, O’Brien mengatakan, “Lihat, mungkin saja mereka bisa menjadi yang berikutnya. Tiga situs suci terbesar dalam Islam … adalah Mekah, Madinah, dan raja Arab Saudi adalah penjaga kedua situs itu.”

Sehari sebelumnya, hal yang sama juga dinyatakan menantu dan penasihat dekat Trump, Jared Kushner kepada NBC News.

“Saya pikir itu adalah keniscayaan bahwa Arab Saudi dan Israel akan sepenuhnya menormalisasi hubungan, dan mereka akan dapat melakukan banyak hal bersama-sama,” kata Kushner. (mm/rtarabic/newssweek)

Baca juga:

Menlu Iran Kecam Normalisasi Hubungan UEA-Israel

Gempar, UEA Adakan Perjanjian Normalisasi Dengan Israel, Ini Reaksi Keras Palestina

DISKUSI: