Pasukan Elit Iran Siap Bantu Libanon Pasca Ledakan Beirut

0
130

Pasukan IRGC

Teheran, LiputanIslam.com – Pasukan elit Iran, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), menyatakan siap membantu Libanon yang sedang terdera dampak ledakan dahsyat yang menewaskan ratusan orang dan melukai ribuan lainnya di Beirut.

Kesiapan itu dinyatakan Panglima IRGC  Mayjen Hossein Salami dalam pesan belasungkawanya kepada Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah, Rabu (5/8/2020).

Komandan pasukan yang sangat dimurkai Amerika Serikat (AS) dan Israel itu menyatakan siap memberikan bantuan apapun kepada para korban luka atau menderita kerugian akibat tragedi tersebut.

Presiden Iran sendiri, Hassan Rouhani, dalam sambutannya pada sesi kabinet menteri, Rabu, menyatakan telah menugaskan lembaga Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran untuk segera mengirim bantuan kemanusiaan ke Libanon, termasuk persediaan medis dan kesehatan.

Tragedi dahsyat yang terjadi Selasa lalu (4/8/2020) itu telah merenggut nyawa sedikitnya 135 orang, melukai sekira 5000 lainnya, dan menyebabkan ratusan ribu penduduk kehilangan tempat tinggal.

Kabinet Libanon mengumumkan status darurat selama dua minggu di Beirut dan menyerahkan kendali keamanannya kepada pihak militer menyusul ledakan besar yang oleh banyak orang disebut mirip dengan ledakan bom nuklir itu. (mm/fna)

Baca juga:

Media Iran Curigai Israel Ada di Balik Tragedi Ledakan Beirut

Iran Sebut AS dan Israel Munafik Soal Tragedi Beirut

DISKUSI: