Pasukan Ansarullah Kuasai Pangkalan Militer di Perbatasan Provinsi Jawf

0
203

Sanaa, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber resmi tentara Yaman dan pejuang Lijan Shaabiya yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah menyatakan pihaknya berhasil merebut pangkalan militer Barqa di satu-satunya daerah di provinsi Jawf di bagian utara Yaman yang belakangan masih dikuasai pasukan loyalis presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung koalisi pimpinan Arab Saudi.

Al-Khabar Al-Yamani , Senin (1/11), melaporkan bahwa pangkalan militer itu terletak di tenggara pangkalan Al-Khanjar.

Belakangan ini, Tawfiq Saleh, putra mantan presiden Yaman mendiang Ali Abdullah Saleh, di halaman Facebook-nya menyebutkan pihaknya meragukan keberadaan pasukan loyalis Hadi di Ma’rib dan Jawf.

Dia menyebutkan bahwa dia daerah-daerah konflik tak ada pasukan ataupun anasir Partai Al-Islah serta orang-orang yang berperang melawan pasukan pemerintah Sanaa (Ansarullah).

Menurutnya, yang ada di sana hanyalah anasir kabilah bayaran dari Ma’rib, Shabwa, Abyan, Al-Dali’, dan Hadramaut, sedangkan pasukan resmi pemerintahan Hadi telah meninggalkannya.

Abdullah Al-Ashraf, salah seorang petinggi pemerintahan Hadi, juga menyataan bahwa di daerah-daerah itu sudah “tak ada lagi zona militer dan tentara pendusta, dan yang ada di sana hanyalah para anggota kabilah dan penduduk setempat.”

“Sesuatu yang disebut tentara nasional adalah sebuah pasukan khayalan belaka,” ungkapnya. (mm/fna)

Baca juga:

Ansharullah: AS adalah Sumber Terorisme, Pemerintah Trump adalah Teroris

PBB Sebut Terorisasi Ansarullah Yaman Memiliki Dampak Berbahaya

DISKUSI: