Partai-Partai Yaman Salahkan Saudi dan Rezim Hadi atas Kekalahan dalam Perang di Ma’rib

0
304

Beirut, LiputanIslam.com –  Berbagai partai di Yaman, termasuk Al-Islah, mengecam Arab Saudi dan rezim sekutunya, pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansur Hadi, atas kegagalan mereka membendung gerak maju pasukan Ansarullah (Houthi) di Provinsi Ma’rib.

Dalam sebuah pernyataan bersama,  Selasa (2/11), partai-partai itu mengaku terkejut atas buruknya kinerja dan salah urus koalisi yang dipimpin Saudi dalam menjalankan tugasnya bertempur di Ma’rib.

“Hadi dan pemerintahannya gagal total dalam mengelola pertempuran di Marib,” bunyi pernyataan itu.

Mereka lantas mengecam kinerja pasukan Hadi atas “kegagalan yang menyedihkan dalam memenuhi tanggung jawabnya di berbagai tingkatan politik, militer, ekonomi serta di media di semua tingkatan lokal, regional dan internasional”.

“Pemerintah Hadi bertanggung jawab penuh atas kekalahan memalukan ini dan kami mengutuknya. Semua pasukan harus dikerahkan untuk menghadapi pasukan Sanaa dan mencegah mereka memasuki Ma’rib,” tambah mereka.

Sementara itu, menurut situs berita pro-Hadi, hampir 3.000 militan yang didukung Saudi tewas dan terluka dalam pertempuran Ma’rib pada bulan Oktober.

Al-Khabar Al-Yaman  Ahad lalu mengutip sumber medis yang mengatakan bahwa 1.323 militan pro-Hadi, termasuk komandan senior, tewas di Ma’rib bulan lalu, sementara 1.615 lainnya terluka.

Sehari kemudian,  seorang anggota Dewan Tinggi Politik Yaman yang berbasis di Sanaa, Mohammad Al-Bukhaiti, mengecam koalisi yang dipimpin Saudi dan tentara bayarannya di Ma’rib karena menggunakan penduduk sebagai “tameng manusia”.

“Tidak adil jika penduduk Ma’rib dijadikan tameng manusia di garis depan permusuhan,” tulis Al-Bakhiti di Twitter.

Dia juga memperbarui seruan untuk penyerahan Ma’rib secara aman kepada pasukan pemerintah Yaman.

Provinsi Ma’rib yang kaya minyak dan gas alam menjadi fokus operasi pembebasan yang dilancarkan oleh Ansarullah sejak tahun lalu. (mm/almayadeen)

Baca juga:

Saree: Ansarullah Bebaskan Al-Baida Sepenuhnya dan Mencapai Gerbang Selatan Kota Ma’rib

Ansarullah Bebaskan Beberapa Kawasan dan Kamp Militer di Sekitar Kota Ma’rib

DISKUSI: