Para Pejuang Gaza Puji Enam Tahanan Palestina yang Kabur dari Penjara Israel

0
504

Gaza, LiputanIslam.com –  Faksi-faksi pejuang Palestina mengucapkan selamat atas keberhasilan operasi “terowongan kebebasan” yang dilakukan oleh enam tahanan Palestina hingga berhasil kabur dari Penjara Gilboa Israel di Tepi Barat pada dini hari Senin melalui terowongan bawah tanah yang mereka gali.

“Enam ksatria ini telah menorehkan satu lagi kisah epik dalam sejarah perlawanan dan pengorbanan melawan rezim pendudukan yang bengis,” ungkap faksi-faksi pejuang Palestina dalam sebuah keterangan pers bersama mereka.

Mereka menambahkan, “Keberhasilan yang diberkahi ini merupakan satu simbol keksatrian para pria gagah berani yang telah bangkit mendobrak dan mematahkan keangkuhan penjara serta membongkar kepalsuan kekuatan intelijennya.”

Faksi-faksi pejuang Palestina menyatakan bahwa kegagalan intelijen keamanan Israel memantau para tahanan sebelum  mereka kabur melalui terowongan bawah tanah membuktikan kerapuhan Israel dan menandakan bahwa rezim Zionis ini akan segera musnah.

Mereka juga menyerukan kepada orang-orang Palestina agar berusaha melindungi enam pejuang yang divonis penjara seumur hidup itu tersebut di tengah upaya Israel melakukan pengejaran di Tepi Barat.

Media Israel telah menayangkan gambar mulut lobang terowongan di ruang toilet penjara serta melaporkan adanya ujung lobang lain yang berjarak beberapa meter dari tembok luar Penjara Gilboa.

Sementara itu, polisi Israel menyatakan telah mendirikan sekira 200 pos penyekatan di berbagai jalur untuk memburu para tahanan Palestina tersebut. Polisi dan tentara Israel melakukan penyisiran serta memeriksa semua orang  Palestina yang pulang kerja dari Israel ke Tepi Barat. (mm/alalam/rt)

Baca juga:

6 Tawanan Palestina Lolos dari Penjara Superketat Israel

[Video:] Jet Tempur Israel Gempur Gaza

DISKUSI: