Pangkalan Militer AS Mendapat Serangan Roket dari Arah Irak, Kuwait Membantah

0
304

KuwaitCity, LiputanIslam.com –  Militer Kuwait membantah kabar yang beredar di media sosial bahwa tiga roket dari arah Irak telah menerobos perbatasan dan menyasar kawasan sekitar pangkalan militer AS di Kuwait.

Pihak Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Kuwait di Twitter, Jumat (27/8), menyatakan, “Pihak Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata membantah apa yang beredar di berbagai media sosial bahwa tiga roket telah melewati angkasa perbatasan Kuwait menuju dan menyasar area sekitar pangkalan AS. Perbatasan Kuwait stabil dan aman serta tidak mengalami insiden apapun.”

Militer Kuwait menyerukan kepada semua pihak agar “cermat dalam memperlakukan berita-berita yang dapat mengusik keamanan dan stabilitas negara”.

Sebelumnya, sebuah sumber mengatakan, “Pangkalan militer AS di perbatasan Irak-Kuwait mendapat serangan roket dalam sebuah peristiwa yang tak menimbulkan korban.”

Reporter RT di Irak pada Jumat malam juga melaporkan bahwa tiga roket telah jatuh di kawasan perbatasan Safwan antara Irak dan Kuwait.

Laporan lain dari saluran berita Rusia ini menyebutkan bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron telah tiba di Baghdad, ibu kota Irak, untuk menghadiri pertemuan puncak negara-negara tetangga Irak.

Pesawat yang membawa Macron mendarat di tengah penerapan sistem keamanan ekstra ketat di Baghdad, termasuk dengan penutupan beberapa jalan, terutama jalur menuju bandara, dan pengerahan pasukan kontra-teror dalam jumlah besar.

Macron rencananya juga akan berkunjung ke kota Arbil dan Mosul di Irak utara.

Pertemuan puncak negara-negara tetangga Irak akan diselenggarakan pada akhir bulan ini sesuai undangan pemerintahan Perdana Menteri Mustafa Kadhimi dalam rangka pemulihan peran Irak di kawasan.

Bagi pemerintah Irak, pertemuan ini merupakan satu lompatan besar di mana negara ini menjadi tuan rumah bagi pihak-pihak yang selama ini bersiteru satu sama lain, demi mewujudkan stabilitas di kawasan. (mm/rt)

Baca juga:

Biden Dikecam Gara-gara Kelakar Soal Afghanistan

Sayid Nasrallah: AS Boyong ISIS dari Suriah ke Afghanistan

DISKUSI: