Pakistan Apresiasi Pembelaan Iran atas Warga Muslim India

0
222

Islamabad, LiputanIslam.com –  Pakistan mengapresiasi sikap Pemimpin Besar Iran Ayatullah Ali Khamenei dan para pejabat Iran lainnya terkait dengan maraknya aksi kekerasan terhadap warga Muslim di India belakangan ini.

Presiden Pakistan Arif Alvi di Twitter, Kamis (5/3/2020), menyatakan, “Pakistan menghargai sikap Imam Khamenei, dan kami setuju bahwa harus ada kepedulian kepada masalah krusial ini.”

Dia juga menyebutkan bahwa pembantaian massal oleh para ekstremis Nazi Jerman dan tragedi serupa di Myanmar berpotensi terjadi India, dan karena itu “kita jangan sampai membiarkan dunia melupakan genosida-genosida ini”.

Baca: Ayatullah Khamenei Desak India Hentikan Kekerasan terhadap Warga Muslim

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi juga menyatakan dukungannya kepada kutukan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif terhadap apa yang disebutnya “gelombang kekerasan terorganisir terhadap warga Muslim di India”.

“Kami sepenuhnya mendukung apa yang dikatakan oleh saudaraku, Mohammad Javad Zarif, bahwa para pejabat India hendaknya menjamin kesejahteraan seluruh warga negara ini,” cuit Mahmood Qureshi.

Baca: Iran Kutuk Gelombang Kekerasan Sistematis terhadap Umat Islam di India

Seperti diketahui kekerasan terhadap warga Muslim India oleh para ekstremis Hindu belakangan ini telah menjatuhkan puluhan korban jiwa dan luka yang sebagian besar adalah warga Muslim serta menimbulkan banyak kerusakan pada sejumlah rumah, toko, dan tempat ibadah warga Muslim. Kerusuhan ini dipicu oleh undang-undang baru kewarganegaraan ini yang diskriminatif terhadap warga Muslim. (mm/alalam)

DISKUSI: