Operasi Pasukan Yaman Babak II, Sekira 200 Pasukan Koalisi Pimpinan Saudi Tewas dan Luka

0
135

Sanaa, LiputanIslam.com –  Juru bicara militer Yaman, Brigjen Yahya Saree, mengumumkan bahwa sekira 200 anggota pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi tewas pada tahap kedua operasi militer bersandi “Nasrun min Allah” (Pertoloangan dari Allah) yang dilancarkan oleh militer Yaman bersama para pejuang Lijan al-Shaabiya yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah (Houthi) di wilayah provinsi Najran, Saudi.

“Pasukan kami pada tahap kedua operasi militer berhasil menawan sejumlah besar pasukan koalisi, termasuk tentara Saudi,” ujar Saree, Selasa (1/10/2019).

Dia menyebutkan bahwa pasukan loyalis presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi dan para sekutunya dibiarkan kabur menuju kota Najran, dan dalam rangka ini mereka bahkan diarahkan oleh para komandan Ansarullah.

Baca: Tanggapi Cibiran Saudi, Ansharullah: Kami Punya Bukti-bukti Lebih Kuat

“Pasukan kami telah menguasai tiga kamp militer pasukan koalisi, termasuk gudang-gudang berbagai jenis dan perlengkapan militer, serta mengamankan kawasan seluas lebih dari 150 kilometer persegi dari jalur pembebasan dua kawasan al-Fara’ dan al-Shouh hingga perbukitan di dekat Najran pada tahap kedua operasi militer ini,” sambung Saree.

Video tentara Saudi yang tertawan:

 

Dia juga mengatakan, “Pasukan kami berhasil menghancurkan dan merebut lebih dari 120 mobil lapis baja dan kendaraan militer”, meskipun “jet-jet tempur pasukan koalisi pimpinan Saudi melancarkan lebih dari 600 serangan udara dalam pelaksanaan operasi tersebut”.

Baca: Ini Komentar Saudi Mengenai Klaim Kemenangan Besar Pasukan Yaman di Jizan

Sabtu lalu militer Yaman mengumumkan kesuksesan tahap pertama operasi militer tersebut sembari menyebutkan bahwa sejumlah besar pasukan koalisi, termasuk tentara Saudi, tertawan oleh pasukan Yaman di provinsi Najran, Saudi. (mm/raialyoum)

DISKUSI: