Ini Komentar Saudi Mengenai Klaim Kemenangan Besar Pasukan Yaman di Jizan

0
247

Riyadh, LiputanIslam.com –  Juru bicara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi Turki al-Maliki akhirnya angkat bicara setelah relatif lama bungkam terkait klaim kemenangan besar tentara Yaman dan kelompok pejuang Lijan al-Shaabiyah (Komite Rakyat) yang berafiliasi dengan Ansarullah (Houthi) dalam perang di provinsi Jizan di bagian selatan Saudi.

Turki al-Maliki dalam sebuah jumpa pers di Riyadh, Senin (30/9/2019), membantah klaim itu dan menyebut rekaman-rekaman video yang dipublikasi oleh tentara Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah itu sebagai “sandiwara fiktif dan klaim dari media penyesat”.

Dalam tanggapan awal Saudi atas klaim tentara Yaman itu al-Maliki menambahkan, “Tidaklah tepat menanggapi klaim-klaim demikian”.

Baca: Tentara Yaman Merinci Operasi Militernya yang Sangat Menghebohkan di Najran, Saudi

Dia menegaskan lagi bahwa media milik Ansarullah “menyesatkan” dan bahwa operasi militer pada hari Sabtu lalu, yang diklaim tentara Yaman dan Ansarullah, hanyalah “sandiwara fiktif”.

Baca: Saudi Melobi Barat untuk Membendung Publikasi Video-Video Operasi Militer Yaman

Pada Sabtu lalu juru bicara militer Yaman Brigjen Yahya Saree menyatakan pihaknya berhasil “membebaskan kawasan seluas 350 km persegi pada tahap pertama operasi militer ‘Nasr min Allah’ (Pertolongan dari Allah), termasuk berbagai posisi dan kamp militer, serta jatuhnya tiga brigade pasukan lawan di zona Najran, Saudi,  dan tertawannya ribuan pasukan lawan”. (mm/raialyoum)

DISKUSI: