National Interest: AL AS Tak Bisa Remehkan AL Iran

0
231

Washington, LiputanIslam.com –  Majalah Amerika Serikat (AS) National Interest menyatakan bahwa AS tidak bisa meremehkan AL Iran.

Dalam artikel berjudul “Angkatan Laut AS Tidak Dapat Meremehkan Angkatan Laut Iran”, Senin (15/11), National Interest menyebutkan, “Teheran tampaknya berhasil menjerat negara adidaya terkemuka dunia dalam sebuah teater yang ingin ia tinggalkan; melakukannya dengan biaya rendah dengan menggunakan angkatan laut ringan; menuntut harga tinggi dari negara adidaya untuk hak istimewa tinggal di teater yang tidak dicintai itu; dan menyedot sumber daya yang dibutuhkan negara adidaya untuk persaingan strategis di teater yang lebih penting.”

National Interest menuliskan, “Para ulama yang memerintah Republik Islam tampak terikat dan bertekad untuk tidak membiarkan Setan Besar mengosongkan halaman belakang mereka.”.

Majalah ini mencatat bahwa Teheran telah berulang kali berjanji untuk menutup Selat Hormuz bagi lalu lintas permukaan dan secara terbuka mempermainkan gagasan untuk membebankan biaya kepada kapal untuk melintasi jalur air yang sempit.

Menurut National Interest, Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) belum lama ini  telah menahan sebuah kapal tanker berbendera Panama yang berbasis di Uni Emirat Arab dengan tuduhan bahwa kapal bernama MT Riah itu menyelundupkan minyak Iran. (mm/ni)

Baca juga:

[Video:] Helikopter Pengintai Iran Dekati Kapal AS di Teluk Persia

Pentagon: Helikopter Iran Tiga Kali Kitari Kapal Perang AS Sejarak 20-an Meter

DISKUSI: