Menlu Qatar Berkunjung ke Iran untuk Bahas Masalah Afghanistan

0
198

Teheran, LiputanIslam.com –  Menlu Qatar Mohammad bin Abdulrahman Al-Thani mengadakan pertemuannya dengan sejawatnya dari Iran, Hossein Amir Abdollahian, di Teheran, Kamis (9/9), untuk membahas perkembangan situasi terakhir Afghanistan.

Kantor berita mahasiswa Iran, ISNA, menyebutkan bahwa pertemuan itu juga membahas berbagai isu regional dan internasional, dan Al-Thani juga akan menjumpai para pejabat Iran lainnya.

Al-Thani sendiri, yang pada pekan ini telah mengadakan pertemuan dengan sejawatnya dari AS Antony Blinken, di Doha, Qatar, di halaman Twitter-nya menyatakan bahwa pertemuannya dengan Abdollahian bertujuan “mendiskusikan perkembangan mengenai Afghanistan”.

“Pemerintah Qatar meyakini keharusan pengerahan upaya dan pandangan internasional mengenai Afghanistan demi menjamin penyelesaian yang tuntas dan komprehensif,” imbuhnya.

Qatar yang notabene sekutu AS telah berperan sebagai mediator antara Taliban dan masyarakat internasional, termasuk AS. Taliban telah membuka biro politiknya di Qatar sejak tahun 2013, dan perundingannya dengan AS yang dimediasi Qatar telah menghasilkan keluarnya tentara AS dari Afghanistan pada akhir Agustus lalu.

Sedangkan Iran yang memiliki perbatasan bersama dengan Afghanistan sepanjang lebih dari 900 kilometer belakangan ini menyatakan prihatin atas perkembangan situasi Afghanistan yang diwarnai pertempuran antara Taliban dan Front Resistensi Nasional (NRF) di provinsi Panjshir.

Iran yang tak mengecam tindakan Taliban merebut Ibukota Kabul belakangan mengecam serangan Taliban ke Lembah Panjshir yang menjadi basis terakhir oposisi bersenjata anti-Taliban.

Pada periode awal kekuasaan Taliban di Afghanistan(1996-2001) hubungan Iran dengan Taliban sangat buruk, dan Teheran tak mengakui eksistensi Taliban.  Namun, pada tahun 2021 terjadi pendekatan antara keduanya, dan sebelum Taliban menguasai Kabul, Iran juga telah memfasilitasi perundingan antarelemen Afghanistan, termasuk Taliban.

Sementara itu, Sekjen PBB Antonio Guterres dalam percakapan telefon dengan Abdollahian, Kamis, memuji “kedermawanan” Iran dalam menampung para pengungsi Afghanistan, dan menyatakan kesiapan PBB menyokong pelayanan Iran kepada mereka.

Di pihak lain, Abdollahian menyatakan kesediaan Iran bekerjasama dengan Guterres untuk mengupayakan penyelesaian berbagai masalah Afghanistan melalui kontinyuitas perundingan para menlu negara-negara tetangga Afghanistan.  (mm/raialyoum/tasnim)

Baca juga:

Penjabat PM Afghanistan Janji Jamin Keamanan Para Pejabat Pemerintah Sebelumnya

Laksamana Sunni Iran: Pertama Kali, Iran akan Membuat Mesin Propeller Sendiri

DISKUSI: