Menlu Oman Berkunjung ke Iran  Tanpa Membawa Surat dari AS

0
163

Teheran, LiputanIslam.com –  Pejabat kantor kepresidenan Iran Mahmoud Vaezi menyatakan bahwa Menteri Luar Negeri Oman Yusuf bin Alawi berkunjung ke Iran tanpa membawa surat apapun untuk pemerintah Iran.

Vaezi menjelaskan bahwa kunjungan itu bertujuan antara lain memperluas hubungan bilateral sekaligus mendiskusikan berbagai isu regional, terutama keamanan kawasan Teluk Persia.

“Kerajaan Oman terletak di satu sisi Selat Hormuz sedangkan Iran terletak di sisi lainnya, karena itu kami memiliki kerjasama (dengannya) di berbagai bidang, bertolak dari idealisme yang telah kami utarakan bahwa negara-negara kawasan adalah pihak yang bertanggungjawab atas keamanannya sendiri. Dukungan kepada idealisme ini dan penguatan atasnya tidak akan terwujud tanpa dialog dan pertukaran pendapat,” terangnya, Rabu (23/1/2020).

Menteri Luar Negeri Oman berkunjung ke Iran dan tiba di Teheran Selasa lalu tanpa pemberitahuan sebelumnya, namun dipastikan tidak membawa surat pesan apapun dari AS, meskipun belakangan ini kerap disebut-sebut selalu membawa surat AS setiap kali terjadi eskalasi ketegangan antara Teheran dan Washington.

Baca: Arab Saudi Siap Buka Pintu Dialog dengan Iran

Saat mengikuti Forum Dialog Teheran Pada 8 Januari lalu Yusuf bin Alawi menyatakan “tidak ada mediasi antara AS dan Iran setelah peristiwa pembunuhan Qassem Soleimani”, dan “tak ada peluang untuk itu sekarang”.

Baca: Menlu Saudi Laporkan “Terorisme” Iran dan Ansarullah Yaman Kepada Parlemen Eropa

Seperti diketahui, AS telah membunuh mantan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada 3 Januari lalu, dan kemudian Iran membalas dengan merudal dua pangkalan militer AS di Irak pada 8 Januari lalu. (mm/alalam)

DISKUSI: