Menlu Iran: Pembicaraan Teheran-Riyadh Berlanjut dengan Sangat Baik

0
181

Teheran, LiputanIslam.com –   Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menyatakan bahwa perundingan antara Iran dan Arab Saudi terus berlanjut dengan sangat baik tanpa prasyarat.

“Pembicaraan antara Teheran dan Riyadh berlanjut dalam bentuk yang terbaik dan tanpa prasyarat, dan kami berusaha memulihkan hubungan melalui perjanjian antara kedua negara,” katanya dalam siaran pers, Senin (4/10).

Dia menambahkan, “Negosiasi antara Iran dan Saudi berlanjut di Baghdad dan mencakup isu-isu regional.”

Di sisi lain, Khatibzadeh membantah kabar adanya kunjungan delegasi Arab Saudi ke Teheran untuk mendiskusikan masalah pembukaan kembali Kedutaan Besar Saudi di Teheran.

Dia juga menyebutkan bahwa kunjungan wakilnya, Ali Bagheri Kani, ke Doha, ibu kota Qatar, membawa pesan jelas, yaitu “pengutamaan negara-negara tetangga dalam hubungan luar negeri Iran”.

Dilaporkan bahwa Bagheri Kani berkunjung ke Doha selaku ketua delegasi Iran untuk membahas hubungan bilateral serta perkembangan situasi regional dengan pemerintah Qatar.

Sehari sebelumnya, Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan menyatakan negaranya telah mengadakan pembicaraan dengan Iran pada bulan lalu, dan berharap perundingan ini dapat mengatasi berbagai persoalan yang menjadi kendala bagi hubungan kedua negara.

Pernyataan ini merupakan yang pertama kalinya dari pejabat senior Saudi tentang perundingan Riyadh-Teheran  sejak Sayid Ebrahim Raisi menjabat sebagai presiden Iran.

Para pejabat Saudi dan Iran telah mengadakan beberapa kali putaran perundingan di Baghdad, ibu kota Irak, dalam beberapa bulan terakhir. Perundingan ini diungkap pertama kali pada April lalu oleh presiden Iran saat itu, Hassan Rouhani.  (mm/raialyoum)

Baca juga:

Pertama Kali, Menlu Saudi Bicara Mengenai Perundingan Riyadh-Teheran

Presiden Irak: Perundingan Iran-Saudi Alami Kemajuan Signifikan

DISKUSI: