Menlu Iran: Banyaknya Korban di Pihak Aparat dalam Kerusuhan Bukti Iran Patuhi HAM

0
82

Teheran, LiputanIslam.com   Menteri luar negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian menyatakan konspirasi asing untuk merongrong negara ini dalam beberapa bulan terakhir gagal, dan meski banyak anggota aparat keamanan yang menjadi korban, namun ini membuktikan bahwa Iran sangat mematuhi HAM dan mengedepankan penahanan diri.

Pada konferensi pers di Teheran, Kamis (23/11), Amir-Abdollahian memastikan kandasnya konspirasi yang, menurut “dokumen terperinci” yang dimiliki kementeriannya, bertujuan mengobarkan terorisme, perang saudara dan menghancurkan negara ini.

Dia menolak klaim peduli HAM beberapa negara Barat, dan mengingatkan bahwa “sejarah kelam” Barat tidak memungkinkannya untuk membuat klaim demikian.

“Kami tidak membutuhkan AS dan Eropa – yang memiliki sejarah panjang pelanggaran HAM dan telah mencatat sejarah kelam eksploitasi berbagai bangsa dan negara-  untuk menjadi penuntut HAM di Republik Islam Iran,” tegasnya.

Pernyataan itu merupakan tanggapan atas gencarnya hasutan dan dukungan beberapa pejabat Barat  terhadap kerusuhan yang terjadi di Iran belakangan ini.

Menlu Iran menyebut E3 (Jerman, Prancis, dan Inggris), AS, dan Zionis tidak memiliki pemahaman yang benar tentang perkembangan dan insiden sehingga membuat “pernyataan usil”.

Dia menjelaskan bahwa menghormati HAM sudah diajarkan oleh agama, menjadi prinsip yang dianut oleh Republik Islam Iran, tertanam hati dan jiwa setiap orang Iran, serta berulang kali ditekankan oleh Pemimpin Besar Iran Sayid Ali Khamenei.

“Saya dengan gamblang mengatakan kepada para pejabat Eropa yang mengklaim membela HAM bahwa polisi di Iran melakukan kesabaran strategis dan menahan diri selama kerusuhan belakangan ini,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, “Fakta bahwa lebih dari 50 pasukan keamanan telah gugur syahid di tangan perusuh bersenjata api dan tajam, dan terlukanya ribuan  pembela keamanan kami menunjukkan kepatuhan pasukan keamanan terhadap HAM dan upaya pengendalian.” (mm/presstv)

Baca juga:

Iran Kembali Serang Markas Separatis Kurdi di Irak Utara

AS Mengaku Bukti Iran Pekan Lalu Serang Kapal Tanker Israel di Laut Oman

DISKUSI: