Menhan AS Tegaskan Komitmen Negaranya untuk Menjaga Superioritas Militer Israel

0
32

Teheran, LiputanIslam.com  Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz, Kamis (19/5), menegaskan komitmen AS untuk menjaga superioritas militer Israel di Timur Tengah.

Dalam pernyataan mengenai pertemuan tersebut, yang diadakan untuk membahas berbagai masalah, termasuk Iran, perang di Ukraina dan konflik Palestina-Israel, Kemhan AS Pentagon menyatakan; “Menteri Luar Negeri menegaskan kembali komitmennya terhadap keamanan Israel dan pelestarian superioritas militer Israel.”

Kebijakan mempertahankan superioritas militer Israel tertuang dalam undang-undang AS, yang mewajibkan negara ini menjamin terpeliharanya superioritas militer Israel di Timur Tengah dengan berbagai cara, termasuk membatasi penjualan senjata ke negara lain di kawasan ini.

Sejak sekitar tahun 1973 sampai sekarang, akibat ancaman Tel Aviv untuk menyerang Kairo dengan bom nuklir, AS terpaksa mengadakan jalur penerbangan ke Israel (Palestina pendudukan 1948) yang dipadati pengiriman bantuan militer dalam jumlah besar demi mencegah jatuhnya Rezim Zionis tersebut.

Sejak itu menjaga superiotitas militer Israel di Timur Tengah  menjadi sebuah strategi yang tak dapat diganggu gugat pada semua periode pemerintahan AS.

Atas dasar itu, di AS juga berlaku larangan penyerahan segala jenis senjata kepada negara-negara Arab Timur Tengah, yang memungkinkan mereka mengungguli kekuatan udara, laut dan darat Israel. (mm/fna)

Baca juga:

Gantz Cemas Israel akan Kehilangan Galilea dan Negev

Pakar AS: Iran Menang dalam Konflik dengan AS

DISKUSI: