Mengejutkan, Iran Membuat Rudal Hipersonik Baru

0
177

Teheran, LiputanIslam.com  Iran kembali membuat kejutan dalam kemajuan industri militernya. Komandan Divisi Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, Brigjen Amir-Ali Hajizadeh menyatakan negara ini telah membuat rudal hipersonik baru.

Hal ini dia nyatakan kepada wartawan di sela-sela peringatan gugurnya Syahid Tehrani Moghaddam, bapak industri rudal Iran, Kamis (10/11).

Dia mengatakan, “Rudal ini memiliki kecepatan yang amat dan sangat tinggi serta memiliki kemampuan manuver di dalam maupun di luar atmosfir Bumi.”

Dia menjelaskan, “Selain ada sistem rudal yang melakukan pertahanan di dalam atmosfir, juga ada sistem rudal luar biasa mahal  yang melakukan pertahanan terhadap rudal di luar atmosfir. Nah, rudal baru Republik Islam Iran ini menerobos semua itu, dan saya kira sampai puluhan tahun lagi tidak akan ditemukan teknologi yang dapat menghadapi rudal ini.”

Dia menambahkan, “Yang lebih penting lagi ialah bahwa kami dapat memilih target apapun, terutama sistem payung rudal musuh, dan dan ini merupakan prestasi besar serta merupakan sebuah lompatan generatif di bidang rudal.”

Pada Ahad lalu Kementerian Pertahanan Iran meluncurkan versi upgrade sistem rudal permukaan-ke-udara Bavar-373 buatannya, dan meresmikan jalur produksi rudal jarak jauh Sayyad B4, yang dapat merontokkan hingga enam target sekaligus.

Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Mohammad Reza Ashtiani mengatakan, “Sistem Bavar-373 pada awalnya mampu menghancurkan target pada jarak 200 kilometer dan sekarang sistem yang diupgrade ini bertujuan menyerang target pada jarak yang sangat jauh, (termasuk) rudal balistik, jet tempur, dan pesawat pembom, serta dapat menghancurkan target pada jarak 300 kilometer.”

Dia juga mengatakan banyak negara berteknologi maju ingin memiliki sistem pertahanan udara demikian. (mm/fna)

Baca juga:

Kemlu Iran: Kesuksesan Ujicoba Wahana Pembawa Satelit Qaem 100 Gusarkan Musuh

Iran Pamerkan Sistem Rudal Bavar-373 Versi Upgrade

DISKUSI: