Kemlu Iran: Kesuksesan Ujicoba Wahana Pembawa Satelit Qaem 100 Gusarkan Musuh

0
188

Teheran, LiputanIslam.com   Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran  Nasser Kanaani berbangga atas suksesnya peluncuran wahana pembawa satelit Qaem 100 oleh Pasukan Dirgantara Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), dan menyebutnya membangkitkan lagi kegusaran kubu musuh Iran.

Kanaani menyatakan demikian di Twitter, Senin (7/11), dua hari setelah peluncuran roket suborbital berbahan bakar padat tiga tahap tersebut.

Qaem 100 merupakan yang pertama dari jenisnya yang dihasilkan oleh kerja keras para ilmuwan Iran. Wahana ini mampu menempatkan satelit berbobot hingga 80 kilogram ke orbit 500 kilometer dari permukaan bumi.

“Peluncuran wahana pembawa satelit Qaem 100 yang sukses merupakan demonstrasi lain dari kekuatan nasional dan kemampuan ilmuwan muda Iran menaklukkan puncak sains dan teknologi modern,” ungkap Kanaani.

Kanaani menambahkan bahwa kesuksesan itu semakin penting karena dilakukan di tengah meningkatnya badai embargo musuh dan apa yang disebut kebijakan tekanan maksimum Amerika Serikat (AS) terhadap Iran.

“Ini adalah hal yang membuat musuh bangsa Iran yang terkenal itu marah dan delusi,” imbuh Kanaani.

Menurut pejabat IRGC, Qaem 100 sekarang siap mengorbitkan Nahid, satelit yang diproduksi oleh Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi Iran, dalam waktu dekat.

Komandan Divisi Dirgantara IRGC Brigjen Amir-Ali Hajizadeh Sabtu lalu mengatakan negara-negara arogan yang dipimpin oleh AS melakukan segala yang bisa mereka lakukan untuk menghalangi kemajuan Iran namun sia-sia.

“Mereka tidak tahan terhadap capaian impresif Republik Islam Iran,” ungkapnya.

Seperti diketahui, peluncuran wahana sebelumnya telah menuai kecaman dari AS dan sekutunya, yang telah lama mewaspadai program satelit Iran karena teknologi yang sama dapat digunakan untuk mengembangkan rudal jarak jauh. Namun Iran berkilah bahwa program satelitnya ditujukan untuk penelitian ilmiah dan aplikasi sipil lainnya. (mm/presstv)

Baca juga:

[Video:] IRGC Sukses Luncurkan Wahana Pembawa Satelit “Qaem 100”

Iran Pamerkan Sistem Rudal Bavar-373 Versi Upgrade

 

DISKUSI: