Media Israel: Peretas Iran Gunakan Spyware Inovatif dalam Menyerang Israel

0
369

TelAviv, LiputanIslam.com –   Media Israel melaporkan bahwa negara Zionis ini terkena serangan cyber Iran yang dilancarkan dengan menggunakan spyware inovatif.

Saluran TV 13 Israel, Selasa (1/2), menyebutkan bahwa peretas Iran berhasil menggunakan spyware inovatif untuk menyerang fasilitas Israel hingga menyebabkan kerusakan besar dalam beberapa bulan terakhir.

Dilaporkan pula bahwa Cyberizen, perusahaan elektronik Israel, telah mengungkap adanya spyware baru yang digunakan untuk mencelakakan Israel dan Amerika Serikat. Perusahaan ini mengkonfirmasi bahwa spyware ofensif yang inovatif  dan belum pernah diketahui oleh para ahli siber Israel telah dioperasikan untuk menyerang lusinan situs Israel pada tahun lalu.

Menurut media Israel tersebut, spyware inovatif itu terkait dengan kelompok-kelompok peretas Iran dan bertujuan mencari data-data sensitif serta menimbulkan kerugian pada berbagai lembaga dan situs Israel.

Para peretas itu bekerja secara teratur dengan mengeksploitasi celah keamanan server Windows, dan bergerak bebas mencari informasi sensitif yang dapat mereka curi, bocorkan, dan enkripsi untuk mengganggu banyak lembaga dan kepentingan pemerintah Israel. Serangan ini  berdampak luas dan menjangkau berbagai situs Israel, terutama infrastruktur, sektor energi dan industri.

Media Israel itu juga menjelaskan bahwa kelompok peretas Moses Staff (Tongkat Musa) terkait dengan peretasan basis data militer Israel dan pencurian foto-foto pribadi Menteri Pertahanan Benny Gantz dengan motif utama yang lebih bersifat politis daripada finansial, karena “bertujuan memajukan tujuan Iran dengan cara menimbulkan bahaya dan menyebar ketakutan”. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Kehancuran Zionisme dari Kacamata Orang-orang Zionis

Lebanon Gulung 17 Jaringan Mata-Mata Israel

DISKUSI: