Media Israel: Sebagian Kemampuan Hizbullah Melebihi  95% Tentara di Dunia

0
205

Teheran, LiputanIslam.com –   Surat kabar Israel Jerussalem Post (JP) memuat laporan baru mengenai “arsenal rudal besar” kelompok pejuang Hizbullah Libanon, yang selama ini paling ditakuti oleh Israel.

Seperti dikutip beberapa media Arab, Selasa (15/12),  JP dalam sebuah artikel analisisnya menyebutkan bahwa Hizbullah diperkirakan menyimpan 170,000 rudal dan roket, termasuk roket jarak pendek pendek dan rudal jarak jauh yang sebagian di antaranya mencapai lebih dari 300 kilometer, serta memiliki ratusan drone penyerang.

Menurut JP, hingga batas tertentu Hizbullah berhasil membuat amunisi berpemandu presisi ( precision-guided munition/PGM), dan sekarang memiliki beberapa rudal berpresisi yang memungkinkannya melancarkan serangan akurat ke sasaran-sasaran strategis tinggi di Israel dalam perang di masa mendatang.

JP menjelaskan, “Hizbullah dapat menembakkan hingga 4000 proyektil per hari, dibandingkan dengan total kurang dari 4000 roket yang ditembakkan selama konfrontasi 34 hari pada tahun 2006.

Artikel itu menilai bahwa dengan demikian kemampuan Hizbullah meluncurkan tembakan dari darat ke darat bahkan melebihi kemampuan 95 persen tentara di dunia.

JP menyebutkan bahwa dalam perang tahun 2006 di mana Hizbullah jauh tak sehebat sekarang sekitar 300.000 orang Israel mengungsi secara internal, dan sebanyak 55 orang Israel, 12 di antaranya tentara, tewas, ribuan luka-luka, dan banyak properti rusak parah. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Untuk Kedua Kalinya, Militer Israel Tak Sengaja Tembakkan Proyektil ke Gaza

[Video]: Penyitaan Temuan Senjata Buatan Israel dalam Jumlah Besar di Suriah

DISKUSI: