Media Israel: Dibantu Iran, Faksi Jihad Islam Palestina di Jalur Gaza Menghebat

0
23

TelAviv, LiputanIslam.com –  Media Israel melaporkan bahwa Gerakan  Jihad Islam Palestina (Palestinian Islamic Jihad /PIJ) semakin menghebat dalam menggalang kekuatan untuk melawan Rezim Zionis Israel berkat bantuan para teknisi dan insinyur Republik Islam Iran.

Saluran 13 TV Israel mengutip keterangan sumber-sumber petinggi badan keamanan militer Israel bahwa dalam eksalasi terbaru antara Israel dan Gaza PIJ telah melesatkan roket seberat 300 kilogram hingga menimbulkan galian besar pada tanah dan kerusakan yang lebih besar dibanding rudal biasanya.

Saluran ini menyebutkan bahwa dengan bantuan para insinyur Iran dan tanpa peran Hamas PIJ sedang mengembangkan dirinya dan meningkatkan kemampuan militernya hingga ke tahap yang bisa jadi melebihi kemampuan militer Hamas.

Menurut media berbahasa Ibrani ini, rudal baru PIJ menimbulkan lubang pada tanah dengan diameter 16 meter dan kedalaman 2 meter, dan sistem pertahanan udara Kubah Besi milik Israel tidak sepenuhnya berhasil mengatasi roket itu.

Baca: PLO: AS Tak Bisa Lindungi Israel dari Tuntutan ICC

Lebih lanjut, TV Israel ini mengingatkan ihwal kemampuan militer kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Libanon, yang juga terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya tanpa berhenti.

Sayap militer PIJ sendiri, Brigade Al-Quds, telah mengungkap rudal baru miliknya yang dinamai “Barraq-120”. Dalam sebuah statemennya, juru bicaranya PIJ, Abu Hamza, menyatakan pihaknya telah menggunakan roket ini untuk pertama kalinya dalam konfrontasi terbarunya melawan rezim pendudukan Israel.

Baca: Menlu Suriah Nyatakan Israel Serang Damaskus

Surat kabar Israel Yediot Ahronoth (YA) menyorot kelemahan Rezim Zionis di depan roket PIJ yang menerjang berbagai kota Israel dalam putaran eskalasi terbaru antara keduanya menyusul teror Israel yang menggugurkan komandan terkemuka PIJ, Syahid Baha Abu Al-Atta.

YA menekankan perlunya membentuk komite penyelidikan resmi atas ketidakmampuan pemerintah Israel menghentikan serangan rudal PIJ, dan menyebutkan bahwa rezim ini harus menanggapi komite penyelidikan resmi mengenai keputusannya dan bagaimana Israel tetap rentan terhadap rudal serta tidak dapat mempertahankan rutinitas harian mereka. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: