Media Iran Bantah Rumor Besarnya Dampak Serangan Udara Israel di Suriah Timur

0
196

Para pejuang pro-Iran di Suriah timur

DeirEzzor, LiputanIslam.com –  Wartawan dan juru kamera saluran TV Al-Alam milik Iran telah melakukan liputan investigasi di kota Albu Kamal, provinsi Deir Ezzor, Suriah timur, yang belum lama ini mendapat serangan dari Israel, dan dari situ terungkap kepalsuan klaim-klaim mengenai dampak serangan tersebut.

Reporter Al-Alam, Ahad (17/1), melaporkan bahwa pasukan yang terafiliasi dengan negara-negara musuh Suriah telah menebar kebohongan publik melalui media dalam pemberitaan mengenai kondisi Deir Ezzor sebagai bentuk perang urat saraf dan tekanan  mental terhadap penduduk yang telah kembali hidup normal setelah kawasan itu terbebaskan dari pendudukan kelompok teroris ISIS,  dan sebagai gangguan terhadap kinerja pemerintah Suriah dalam proyek rekonstruksi secara ekstensif di bagian timur Deir Ezzor hingga Al-Qaim yang merupakan pintu perbatasan wilayahnya dengan Irak.

Reporter Al-Alam membantah rumor jatuhnya korban jiwa puluhan orang akibat serangan udara Israel, dan memastikan bahwa para pejabat dan penduduk setempat mengkonfirmasi tak ada satupun korban jiwa maupun luka dari kalangan penasehat militer Iran yang bekerja di sana.

Menurut Al-Alam, ketatnya koordinasi pasukan Suriah, Irak, dan penasehat Iran satu sama lain di sana telah mengandaskan tujuan Israel dalam serangan tersebut sehingga tak menghasilkan apapun kecuali gegap gempita media yang diupayakan oleh pihak musuh.

Mengutip sumber-sumber lokal, Al-Alam menyebutkan bahwa korban tewas akibat serangan udara Israel hanya satu orang dari pihak tentara Suriah, sedangkan korban luka sedang dan ringan 14 orang yang sebagian besar sudah mendapat perawatan dengan baik dan keluar dari rumah sakit. (mm/alalam)

Baca juga:

AP: Israel Lancarkan Serangan ke Suriah Timur dengan Bantuan Intelijen AS

Pengamat Militer Israel: Rudal Presisi Hizbullah Dapat Lumpuhkan Sistem Strategis Israel

DISKUSI: