Pengamat Militer Israel: Rudal Presisi Hizbullah Dapat Lumpuhkan Sistem Strategis Israel

0
219

TelAviv, LiputanIslam.com –  Pengamat militer Israel, Alon Ben David, menilai rudal-rudal berpresisi tinggi milik kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Libanon dan didukung Iran dapat melumpuhkan sistem-sistem strategis Israel.

“Hizbullah telah berhasil sampai hari ini dalam mengumpulkan rudal akurat jarak menengah dan jauh… Itu akan menanggapi dengan tembakan setiap serangan Israel di wilayah Lebanon,” ungkap Alon Ben David dalam sebuah artikelnya di surat kabar Maariv milik Israel, seperti dikutip Al-Masdar, Jumat (15/1).

Ben David menyebutkan bahwa ancaman fundamental terhadap Israel datang bukan dari arah Suriah, melainkan dari Lebanon,  sementara Israel sedang menghindari kenyataan tersebut.

Dia menilai serangan berulang Israel di Suriah “tidak menghalangi upaya Hizbullah membuat dan memasang rudal presisi di tanah Lebanon.”

“Perkiraan di Israel ialah bahwa Hizbullah telah berhasil mengumpulkan ratusan rudal akurat dari jarak menengah dan jauh, dan bahwa sekarang ada beberapa instalasi di Lebanon yang berisi komponen rudal presisi,” terangnya.

Menurutnya, tentara Israel menganggap ancaman rudal presisi dari Lebanon sebagai ancaman strategis bagi rezim Zionis penjajah Palestina tersebut.

Ben David juga menuliskan: “Kemampuan rudal presisi itu dapat melumpuhkan sistem strategis Israel, dan dengan rudal presisi itu Hizbullah dapat menghantam pangkalan Hakaria di Tel Aviv, di mana Kementerian Keamanan dan Staf Umum berada.” (mm/amn)

Baca juga: 

Tel Aviv Desak PBB untuk Menindak Iran

IRGC Bantah Orang Iran Terbunuh dalam Serangan Israel ke Suriah Timur

DISKUSI: