Ma’rib Hampir Jatuh, Saudi Tawarkan Konsesi kepada Ansarullah

0
526

Beirut, LiputanIslam.com –   Kawasan sekitar kota Ma’rib di Ma’rib terus diwarnai kecamuk pertempuran sengit di mana  tentara Yaman dan gerakan Ansarullah atau kubu Sanaa, ibu kota Yaman, terus mendekati Ma’rib.  Bersamaan dengan ini, pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi dikabarkan siap menerima usulan yang pernah diajukan kubu Sanaa mengenai Ma’rib.

Surat kabar Al-Akhbar yang berbasis di Libanon melaporkan bahwa berdasarkan beberapa informasi yang didapatnya, Sabtu (24/4), pasukan koalisi berusaha menghindari kekalahan telak di Ma’rib dengan menyatakan siap menerima usulan tersebut melalui media regional.

Al-Akhbar menyebutkan bahwa dalam beberapa hari terakhir berlangsung upaya regional di mana Saudi mengajukan beberapa konsesi hingga pada level menyetujui sepenuhnya apa yang telah diusulkan oleh Ketua Dewan Tinggi Politik Yaman di Sanaa, Mahdi al-Mashat, beberapa bulan lalu.

Hanya saja, Saudi dan dua negara pendukungnya, AS dan Inggris, tidak mengajukan jaminan-jaminan yang diperlukan untuk memuluskan usulan Al-Mashat ataupun usulan lain. Karena itu, kubu Sanaa meragukan kejujuran koalisi Saudi-UEA, terutama karena koalisi memiliki rekam jejak buruk soal komitmen.

Disebutkan bahwa pasukan koalisi tak segan-segan mengabaikan komitmennya ketika tujuannya tercapai, dengan dalih konsisten kepada keputusan internasional mengenai Yaman, termasuk resolusi 2216 Dewan Keamanan PBB, resolusi yang memperkenankan invasi militer Saudi dan para sekutunya di Yaman.

Gerakan Ansarullah berkeyakinan bahwa keputusan dan resolusi itu justru menjadi penyebab utama kebuntuan dan macetnya perundingan sejak awal perang Yaman, sebab kubu Sanaa sebagai salah satu pihak yang bertikai sama sekali tak dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan sehingga hanya menguntungkan kepentingan Saudi dan bertujuan mempertahankan eksistensi pasukan koalisi di Yaman. (mm/fna)

Baca juga:

Ansarullah Gempur Pabrik Minyak Saudi Aramco dan Dekati Pinggiran Kota Ma’rib

DISKUSI: