Ansarullah Gempur Pabrik Minyak Saudi Aramco dan Dekati Pinggiran Kota Ma’rib

0
549

Sanaa, LiputanIslam.com –   Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree mengumumkan pihaknya telah menggempur pabrik minyak Saudi Aramco dan Pangkalan Udara (Lanud) King Khalid, Arab Saudi, Jumat (23/4).

Dia menyebutkan bahwa serangan itu dilancarkan dengan menggunakan dua drone Qasif K-2 dan satu drone Samad-3, yang semua berhasil menerjang sasaran dengan tepat.

Dia mengatakan bahwa serangan itu merupakan tanggapan atas berlanjutnya agresi, blokade, dan kejahatan Arab Saudi terhadap Yaman.

Yahya Saree memperingatkan bahwa Saudi masih akan menjadi target operasi yang lebih masif jika masih melanjutkan agresi militer dan blokade terhadap bangsa Yaman.

Lanud King Khalid merupakan markas pasukan koalisi pimpinan Saudi yang mengagresi Yaman sejak tahun 2015.

Dalam perkembangan lain perang Yaman, pasukan Ansarullah dan tentara Yaman (kubu Sanaa) terus bergerak maju dalam pertempuran di sekitar Ma’rib, ibu kota provinsi Ma’rib.

Al-Alam, Jumat, melaporkan penyataan saksi mata di dalam kota Ma’rib bahwa suara kecamuk pertempuran sudah terdengar “sangat jelas” di sisi barat kota tersebut.

Disebutkan bahwa pergerakan baru kubu Sanaa terjadi setelah mereka merebut sejumlah posisi strategis di kawasan Tal’ah al-Hamra, kawasan terakhir yang memisahkan mereka dari kota Ma’rib.

Para aktivis pendukung pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbu Mansour Hadi mengakui bahwa kota itu sudah hampir jatuh ke tangan pasukan kubu Sanaa.  Mereka menuntut pertanggungjawaban Hadi dan para petinggi kementerian pertahanannya.

Sumber militer di Sanaa menyatakan bahwa seruan kepada “pasukan bayaran Saudi” agar meletakkan senjata masih berlangsung, dan bahwa kubu Sanaa memberitahu kepada kelompok-kelompok adat di Ma’rib bahwa senjata sitaan dari pasukan bayaran itu nantinya akan diserahkan kepada kelompok-kelompok adat tersebut.

Kawasan Asir di bagian selatan Saudi juga menjadi ajang aksi serangan pasukan Ansarullah dan sekutuya ke posisi-posisi militer Saudi di daerah Abwab Al-Hadid hingga menimpa banyak kerugian jiwa dan peralatan tempur Saudi.

Media Perang Yaman memublikasi rekaman-rekaman video yang memperlihatkan sengitnya pertempuran di daerah perbukitan strategis yang membentang di kawasan tersebut. Terlihat  pula tentara Saudi kabur meninggalkan posisi-posisi mereka sehingga banyak posisi Saudi di sana jatuh ke tangan pasukan Yaman. (mm/mna/alalam)

Baca juga:

Ansarullah Umumkan Pembebasan Ma’rib Sudah “Sangat Dekat”

Seputar Kabar Perundingan Iran-Saudi, Mengapa Riyadh Membantah?

DISKUSI: