Mantan Menlu AS Sebut Penghapusan Ansarullah dari Daftar Teroris Hadiah Biden untuk Iran

0
64

Potret Mike Pompeo: Sumber: AFP

Washington, LiputanIslam.com – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyatakan bahwa pencabutan nama Houthi (Ansarullah) dari daftar organisasi teroris versi AS merupakan hadiah dari pemerintah presiden baru AS, Joe Biden, kepada Iran dan akan membuat Ansarullah terus “membangkitkan teror” di seluruh penjuru dunia.

 

Pompeo di Twitter, Rabu (10/2), menyatakan, “Adalah fakta bahwa Iran mensponsori Houthi. Adalah fakta bahwa Houthi melakukan teror.”

Cuitan Pompeo muncul di tengah beredarnya laporan mengenai terbakarnya pesawat di Bandara Abha, Arab Saudi, akibat serangan drone Ansarullah (Houthi), kelompok pejuang Yaman yang didukung Iran dan diperangi oleh koalisi Saudi dan Uni Emirat Arab.

Pompeo menambahkan, “Kenyataannya adalah bahwa mencabut penunjukan teroris Houthi adalah hadiah bagi Iran dan akan memungkinkan Houthi untuk terus memicu teror di seluruh dunia.”

Ansarullah menegaskan bahwa serangan itu dilancarkan sebagai balasan atas berlanjutnya serangan udara pasukan koalisi pimpinan Saudi di Yaman, dan bahwa Ansarullah akan terus berusaha membalas selagi serangan udara itu serta blokade Saudi dan sekutunya terhadap Yaman masih berlanjut. (mm/raialyoum/saudigazette)

Baca juga:

Pesawat Terbakar di Bandara Abha, Saudi dan AS Kutuk Ansarullah Yaman

AS Nyatakan akan Terus Menekan Ansarullah Yaman

DISKUSI: