Makin Beringas, Pasukan Israel Bantai Lima Orang Palestina di Tepi Barat

0
119

Ramallah, LiputanIslam.com   Tentara Israel telah membunuh lima orang Palestina dalam serangan di Tepi Barat, Kamis (8/12).

Kementerian kesehatan Palestina mengidentifikasi tiga di antara lima orang yang gugur adalah Siqdi Zakarneh, 29 tahun, Atta Shalabi, 46 tahun, dan Tareq al-Damaj, 29 tahun.  Tiga orang itu gugur dalam peristiwa serangan pasukan Zionis di kota Jenis pada Kamis pagi.

Zakarneh dan al-Damaj berasal dari kamp pengungsi Jenin, sedangkan Shalabi berasal dari kota Qabatya di pinggiran selatan Jenin.

Setidaknya dua pria Palestina lain terluka dengan kondisi satu di antaranya parah ditembak oleh pasukan Israel dalam peristiwa tersebut.

Di hari yang sama, pasukan Israel menembak mati remaja Palestina bernama Dia Mohammad Rimawi, 15 tahun, di dekat kota Ramallah, Tepi Barat. Tiga lainnya terluka dalam penembakan itu.

Pada hari Kamis, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan bahwa “seorang anak laki-laki Palestina gugur dan 3 lainnya terluka” dalam  bentrokan dengan tentara Israel di bagian tengah Tepi Barat tengah, sehingga jumlah korban tewas menjadi lima orang dalam jangka waktu 24 jam.

Aksi mogok umum di seluruh provinsi  Jenin telah diumumkan untuk belasungkawa atas para syuhada tersebut sehingga sekolah, toko dan aktivitas perdagangan Paletsina ditutup.

Tentara Israel, termasuk pasukan khusus, menyerbu Jenin dan kamp pengungsinya pada dini hari Kamis serta menangkap beberapa pejuang Palestina yang mereka cari, dan sempat terjadi bentrokan antara pasukan Israel dan orang-orang bersenjata Palestina.

Menurut jurnalis lokal Mujahed al-Saadi, Sidqi Zakarneh adalah seorang pejuang, sedangkan Shalabi dan al-Damaj adalah warga sipil.

Al-Saadi mengatakan bahwa Zakarneh berafiliasi dengan Brigade Syuhada al-Aqsa , sayap militer partai politik Fatah, tapi masih belum jelas apakah Zakarneh terlibat dalam pertempuran ketika dia ditembak karena jenazahnya ditemukan dalam mobil dalam keadaan tidak membawa senjata. (mm/aljazeera/raialyoum)

Baca juga:

Israel Bunuh Tahanan Palestina yang Sudah Dibebaskan

Para Pejuang Palestina: Keputusan Trump Mengenai Quds Sia-Sia

DISKUSI: