Lembaga HAM Palestina Kecam Penyemprotan Pestisida Kimia oleh Israel

0
462

Gaza, LiputanIslam.com –  Pesawat-pesawat Israel menyemprotkan pestisida kimia ke tanah pertanian di sepanjang perbatasan timur Jalur Gaza, Ahad (5/4/2020).

Pusat Hak Asasi Manusia Al-Mizan melaporkan bahwa operasi penyemprotan itu dimulai pada pagi hari di wilayah timur Jalur Gaza hingga perbatasan utara Jalur Gaza tengah, dan ini beresiko menimbulkan bencana bagi kehidupan warga Palestina dan masa depan produksi pertanian.

Lembaga itu menambahkan bahwa alih-alih memenuhi kewajiban hukumnya untuk menunjang sektor kesehatan Palestina dan memberikan bantuan medis dan makanan, rezim pendidikan Israel justru menghancurkan kemampuan penduduk Gaza dalam berupaya memenuhi kebutuhan pangan melalui penanaman tanah mereka.

Pusat itu  memperingatkan dampak bencana berlanjutnya penyemprotan pestisida pada kehidupan warga dan masa depan produksi pertanian serta kondisi ekonomi dan kesehatan, terutama karena operasi penyemprotan dilakukan di masa pandemi COVID-19.

Baca: Otoritas Kependudukan Israel Tangkap 250 Orang Palestina, Termasuk 54 Anak-anak

Pusat HAM Al-Mizan menekankan perlunya melestarikan lingkungan untuk memperkuat upaya penyediaan makanan yang sehat dan air bersih untuk membantu memperkuat imunitas penduduk di depan virus.

Pusat ini mendesak “masyarakat internasional menunaikan kewajiban hukum dan moralnya dengan turun tangan mencegah Rezim Pendudukan terus menggunakan pestisida pertanian untuk memusnahkan tanaman warga Palestina dan membahayakan kehidupan mereka.”

Baca: Lebanon Siaga, Militer Israel Lewat Area Perbatasan

Pusat juga menyerukan intervensi yang efektif masyarakat internasional untuk menghentikan pelanggaran Israel dan mencabut blokade rezim Zionis ini terhadap Jalur Gaza. (mm/rt)

DISKUSI: